Agustus 11, 2022

Menstruasi merupakan proses biologis ang dialami oleh semua wanita setiap bulannya. Fenomena ini seringkali membuat wanita mengalami perubahan mood yang signifikan. Sebab, jika menstruasi tiba sebagian wanita akan mendapatkan rasa sakit yang luar biasa di area perut. Oleh karena itu, beberapa orang lebih memilih untuk terus memperhatikan siklus menstruasi tersebut.

Meskipun siklus ini sudah dialami sejak remasa, namun tidak semua wanita mengetahui apa yang sebenarnya terjadi selama siklus mensturasi. Sehingga banyak yang mengira-ngira atau memprediksi datangnya menstruasi berdasarkan tanggal sebelumnya.Namun kini banyak aplikasi siklus menstruasi wanita. Jadi, Anda tidak perlu repot mencatat dalam kalender.

Kemajuan teknologi yang sangat besar ini membuat sebagian hal menjadi mudah.Salah satunya adalah membuat aplikasi yang memudahkan para wanita untuk mengukur siklus menstruasi. Nah, melansir dari situs carakami.com, berikut ini beberapa aplikasi siklus menstruasi yang dapat Anda gunakan:

  • Flo period & ovulation tracker

Aplikasi siklus menstruasi wanita yang pertama adalah flo period & ovulation tracker.Aplikasi ini membantu Anda sebagai alat kalkulator haid yang akurat dalam memprediksi waktu menstruasi.Selain itu, aplikasi ini juga dapat melacak ovulasi dan masa subur Anda.Sistem utama dari aplikasi ini adalah kalender yang dapat mencatat perasaan Anda, gejala mens hingga kelancaran mens.

 

  • Period Tracker Period Calender

Aplikasi selanjutnya adalah Period Tracker Period Calender.Aplikasi ini dapat memprediksi waktu menstruasi Anda sekaligus memberikan informasi terkait tanggal ovulasi, hingga kemungkinan pembuahan.Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga meiliki beberapa fitur.Mulai dari mencatat berat badan, suhu, gejala, dan suasana hati atau mood Anda.

 

Nah, bagi Anda para pasangan baru menikah yang sedang merencanakan memiliki monongan, Period Tracker Period Calender ini merupakan aplikasi yang cocok untuk Anda.sebab, aplikasi ini menghadirkan cara hitung siklus haid, sehingga Anda bisa memaksimalkan program tersebut.

 

  • Clue Period & Cycle Tracker App

Melansir dari situs carakami.com, aplikasi siklus menstruasi yang dapat digunakan oleh Anda para wanita adalah Clu Period & Cycle Tracker App. Aplikasi Clue ini tidak kalah populer dengan aplikasi lainnya.Dalam pengoperasianna, aplikasi ini menggunakan pendekatan sains dan penelita.Hal tersebut untuk mengenal lebih dalam tentang biologis tubuh Anda.

 

Aplikasi ini memiliki fitur untuk membantu Anda merencanakan kehamilan. Caranya dengan kalkulator ovulasi dan prediksi kesuburan.Selain itu, Anda juga bisa mencatat suhu tubuh Anda untuk mendapatkan informasi lebih akurat.

 

  • Oky

Oky ini merupakan sebuah aplikasi menstruasi insiatif dari UNICEF. UNICEF memiliki salah satu misi untuk memberikan pendidikan seksual komprehensif untuk anak perempuan.Itulah alasan aplikasi Oky ini dibuat.Oky didesain berwarna-warni dan sangat ramah terhadap pengguna remaja peremuan.

 

Tidak hanya dapat melacak sistem menstruasi, Oky juga menyediakan ensiklopedia seputar kesehatan reproduksi perempuan dan beragam trivia yang menarik.Jadi, sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya, Oky ini didesain khusus untuk remaja perempuan mengenal tubuhnya sendiri.

 

  • Femometer

Aplikasi siklus menstruasi yang terakhir adalah Femometer.Femometer ini berfokus pada pelacakan masa kesuburan perempuan melalui pencatatan siklus menstruasi.Hal ini dilakukan agar lebih memudahkan kalkulasi masa kesubuhan.Femometer ini juga mengeluarkann alat tes kesuburan yang disebut dengan Ovutest Femometer yang dapat Anda temukan di market place.

 

0vutest sendiri merupakan thermometer yang dapat mendeteksi masa subur Anda melalui suhu basal tubuh. Ovutest ini nantinya disambungkan ke aplikasi Fermometer melalui Bluetooth dan Anda pun akan secara otomatis dapat melihat hasilnya di aplikasi tersebut.