Januari 27, 2023

Saat ini, sertifikat TOEFL banyak dibutuhkan untuk  keperluan seperti syarat kelulusan sarjana, syarat melamar pekerjaan, dan masih banyak lagi. Tes TOEFL digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang.

Jenis tes yang diujikan yaitu menulis, membaca, dan mendengar. Bagi sebagian o TOEFL termasuk tes yang sulit karena tidak terbiasa menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama. Tanpa persiapan, tentu akan sulit untuk mengerjakan soal-soal. Maka dari itu, mari kita simak tips  belajar TOEFL secara otodidak tanpa kursus.

1. Kenali Jenis Pertanyaan dan Instruksi

Cara belajar TOEFL pertama, yang bisa Anda lakukan adalah dengan membiasakan mengenali berbagai jenis pertanyaan. Yaitu dengan banyak mengerjakan soal-soal latihan. Kita juga harus membiasakan diri dengan jenis instruksi, dan durasi waktu yang diberikan untuk menyelesaikan setiap part.

2. Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Belajar TOEFL selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah menggunakan waktu secara sebaik-baiknya. Kemampuan kita dalam manajemen waktu sangatlah penting dalam hal ini. Sebelum memulai mengerjakan soal, tentukan berapa banyak waktu yang dapat dihabiskan untuk menjawab setiap pertanyaan.

3. Kemampuan Reading dan Listening

Untuk untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis ini, yaitu dengan belajar membaca berita atau artikel online dan dengan mendengarkan podcast atau kuliah dalam bahasa Inggris. Belajar mengenali tanda yang menunjukkan informasi penting dalam sebuah artikel atau podcast. Misalnya, menemukan makana tersirat maupun tersurat.

4. Fokus dan berpikir positif

Tips belajar TOEFL lainya adalah dengan belajar menggunakan emosi negatif untuk mencapai tujuan positif. Stres dapat menjadi motivasi yang sangat berguna. Anda dapat menggunakan emosi ini untuk memotivasi diri sendiri dan tetap fokus pada tujuan.

Itulah beberapa tips belajar TOEFL agar saat test lulus dan Anda segera mendapatkan sertifikat. Semoga bermanfaat!