Agustus 11, 2022

Apakah Anda sedang ingin berencana mengaplikasikan lift pada rumah minimalis? Keberadaan lift akan membuat rumah nampak lebih cantik dan lebih mewah walaupun desainnya cukup minimalis. Sudah banyak sekali berbagai rumah saat ini memanfaatkan untuk bisa memasuki ruangan lantai atas tanpa harus capek-capek menggunakan tangga.

Tips Pemasangan Lift Pada Hunian Minimalis

Pengaplikasian yang sebuah hunian minimalis maka memerlukan beberapa tips penting untuk penerapannya. Hal ini perlu dilakukan agar rumah nampak lebih cantik dan lebih proporsional. Penjelasannya berikut ini.

  1. Perhatikan Jumlah Lantai pada Hunian

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan saat memilih sebuah lift untuk hunian adalah jumlah lantai bangunan yang terdapat di rumah. Semakin banyak jumlah lantai maka sebaiknya gunakanlah lift yang memiliki kualitas bagus tentu saja dengan harga yang sedikit mahal.

Contohnya saja, untuk live dengan dua lantai telah berbeda dengan rumah 3 lantai. Akan sangat berpengaruh besar dalam konstruksi bangunan dan penggunaan material.

  1. Perhatikan Kapasitas Angkut dan Ukuran Lift

Daya angkut ada Alif menjadi salah satu pembeda antara lift komersial dan lift yang digunakan khusus untuk sebuah hunian. Pada lift rumah biasanya memiliki kapasitas daya angkut kurang lebih untuk 4 orang atau sekitar 320 kg. Sementara itu untuk jenis lift commercial yang digunakan pada mall maupun tempat umum lainnya biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar.

Sebelum memasang lift untuk rumah maka tentukanlah perkiraan jumlah orang yang akan menggunakannya. Ini tentu saja sangat menghemat anggaran dalam perencanaan sebuah bangunan.

  1. Tentukan Bahan Untuk Finishing Bagian Kabin Lift

Pada dasarnya material untuk finishing pada area cabin lift atau sangkar lift pada lift rumahan memiliki beberapa model. Ada steel plate painted, stainless steel, dan glass finish. Setiap jenisnya tentu saja memiliki harga yang cukup berbeda dan signifikan. Dari finishing tersebut dapat menentukan estetika keindahan rumah.

  1. Fitur dan Aksesoris

Pada dasarnya sebuah lift untuk hunian memiliki berbagai macam fitur pilihan sebagai kelengkapan dari operasional. Misalnya saja terdapat automatic rescue device yang berguna untuk menggerakkan lift saat terjadi mati listrik secara tiba-tiba. Pilihlah jenis lift rumahan yang menawarkan berbagai macam fitur yang lengkap sehingga akan lebih memperbaiki sistem operasionalnya.

  1. Perhatikan Daya Kelistrikan pada Rumah

Pada dasarnya, sebuah lift sangat bergantung sekali dengan listrik. Ini dapat berjalan hanya dengan bantuan listrik. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan berapa daya kelistrikan yang terdapat dalam rumah tersebut.

Daya listrik untuk lift rumahan memerlukan sekitar 1000 Watt sampai dengan 2000 watt. Anda bisa menggunakan listrik rumah tangga dengan daya 220 v – 280 v. Itu untuk biaya tarif lift rumah bisa murah. Ini karena terdapat sistem kontrol panel lift yang sudah dilengkapi dengan inverter dan sudah menggunakan mesin gearless agar lebih hemat dan ramah terhadap lingkungan.

Manfaat Menggunakan Lift Rumahan

Lift rumahan saat ini banyak digunakan oleh semua orang untuk melengkapi hunian mereka. Selain itu ada berbagai macam manfaat pengaplikasian lift tersebut. Berikut ini penjelasannya yaitu :

  • Membuat aktivitas semakin menjadi lebih cepat ketika ingin naik ke lantai atas maka tidak perlu lagi naik turun tangga yang tentunya sangat melelahkan
  • Memberikan kesan hunian minimalis tetap terlihat mewah
  • Sudah didukung berbagai macam sistem pengamanan sehingga tidak akan membahayakan saat digunakan