Desember 7, 2022

Kamu pastinya tidak asing lagi dengan buah lontar, buah satu ini sekarang sering dijual di pinggir jalan ataupun dijual oleh pedagang keliling. Buah satu ini sering dikonsumsi daging biji buahnya, daging buah lontar bisa dikatakan mirip dengan kolang-kaling. Dan tahukah kamu manfaat buah lontar untuk kesehatan tubuh kita?

1. Mengandung antioksidan untuk mecegah beberapa penyakit

Di dalam buah lontar tekandung antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat antioksidan di dalam buah lontar adalah untuk mencegah dan memperlambat kerusakan sel yang ada di dalam tubuh.

Sehingga saat kita mengkonsumsi buah lontar, tubuh bisa terhindar dari beberapa penyakit seperti katarak, diabetes, penyakit jantung dan kanker.

2. Membantu Mencegah dehidrasi

Manfaat buah lontar untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa mencegah dehidrasi. Karena di dalam buah lontar mengandung air yang cukup banyak mencapai 93 ml. Dengan kandungan air yang cukup banyak ini sehingga buah ini bisa menyeimbangkan kadar cairan di dalam tubuh. Selain itu buah lontar yang memiliki sifat diuretik bisa memperlancar pembuangan urine.

3. Baik untuk kesehatan ginjal

Fosfor merupakan salah satu kandungan minieral yang terdapat pada buah lontar. Sehingga mengkonsumsi buah lontar bisa membantu ginjal bisa bekerja dengan lebih baik untuk menyaring sisa pencernaan. Selain itu, tubuh kita juga membutuhkan fosfor untuk memperbaiki dan memelihara jaringan dan sel.

4. Membantu Menurunkan berat badan

Karena buah lontar memiliki kalori yang rendah, sehingga saat mengkonsumsi buah ini tidak perlu khawatir untuk digunakan dalam diet harian. Di dalam 100 gram buah lontar hanya mengandung 27 kalori, sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan.