Desember 7, 2022

Teratai adalah salah satu jenis tumbuhan air yang menyukai lingkungan berair tenang. Oleh karena itulah tumbuhan ini dapat ditemukan pada danau, kolam, atau rawa yang airnya tidak mengalir. Teratai yang merupakan simbol keromantisan dan juga keindahan ini banyak dibudidayakan di Asia karena memiliki banyak manfaat.

Manfaat teratai yang pertama adalah sebagai bahan baku masakan atau kuliner khas. Selain itu, teratai juga dapat digunakan untuk kecantikan dan kesehatan terutama pada pengobatan tradisional. Ekstrak bunga teratai digunakan untuk pengobatan tradisional karena manfaatnya yang sangat banyak.

Teratai memiliki kemampuan untuk menjaga daya tahan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C diperlukan tubuh untuk membentuk sistem pertahanan baik melalui jaringan kulit hingga melindungi sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Selain menjaga daya tahan tubuh, teratai juga memiliki manfaat lain seperti melindungi tubuh dari infeksi dengan sifat antibakteri yang dimilikinya, melawan peradangan, meredakan nyeri haid, mengatasi diare, serta mengontrol tekanan darah.

Kemampuan bunga teratai dalam mengontrol tekanan darah dipengaruhi oleh kandungan kalium yang ada di dalamnya. Ini karena kalium berperan dalam menjaga pembuluh darah agar tetap lebar sekaligus menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Oleh karena itulah konsumsi kalium yang tinggi dapat membantu mengurangi tekanan darah serta melindungi tubuh dari stroke.