September 29, 2022

Bagi kamu yang mempunyai bisnis di bidang Jasa Konsultan IT  lebih baik gunakan Facebook Ads untuk membantu memasarkan layanan yang dimiliki. Apalagi media sosial merupakan salah satu sarana promosi yang begitu populer dan juga berkembang sangat pesat di era ini. Maka dari itu kamu wajib menggunakan Facebook Ads sebagai upaya untuk memprosikan berbagai macam layanan perusahaan pastinya. Namun sebelum itu kamu wajib mengetahui terlebih dahulu apa itu Facebook Ads setelah itu baru tips membuat iklannya. Untuk lebih jelasnya lagi simak ulasan artikel yang ada di bawah ini mengenai penjelasan Facebook Ads.

Apa Itu Facebook Ads? Ini Dia Penjelasannya Hingga Kelebihannya!

Pada dasarnya Facebook Ads sendiri merupakan salah satu media untuk membuat iklan yang mana ditunjukkan bagi pengguna akun sosial medianya sendiri tentunya. Penempatan iklan dari Facebook Ads ini biasanya diletakkan pada bagian sidebar dan juga beranda. Selain itukamu juga wajib mengetahui berbagai macam jenis iklan Online yang disediakan oleh pihak Facebook Ads. Beberapa diantaranya yaitu iklan video dan juga gambar dan bahkan Facebook Ads juga menyediakan kategori tersendiri. Sehingga nantinya iklan yang kamu buat itu tadi bisa dipisahkan berdasarkan tujuannya. Mulai dari segi traffic, impression, lead, dan lain sebagainya semuanya bisa kamu buat sesuai keinginan maupun kebutuhan. Tidak hanya itu saja Facebook Ads ternyata mempunyai berbagai macam kelebihan, berikut beberapa diantaranya.

Biayanya terjangkau

Ternyata pembuatan channel iklan dari Facebook Ads ini jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan, bisa dibilang harga layanan yang ditawarkan oleh pihak Facebook Ads sendiri begitu murah. Hanya mulai dari sepuluh ribuan saja kamu sudah bisa mulai menyewa iklan di Facebook Ads pastinya. Menariknya lagi ternyata Facebook Ads juga dilengkapi dengan fitur optimalisasi anggaran biaya iklan sehingga nantinya jangkauan wilayah target pasar menjadi jauh lebih luas dan pastinya dengan anggaran biaya yang terjangkau. Apabila kamu sudah mahir dalam menentukan target pasar maka tidak ada salahnya untuk mencoba tawaran iklan dari Facebook Ads tersebut bukan?

Efektif

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari Facebook Ads ini salah satunya yaitu jauh lebih efektif dalam hal pemasaran atau marketing. Hal ini tidak lain karena nantinya kamu bisa memilih berbagai macam pilihan tujuan marketing itu tadi. Mulai dari pengumpulan leads, pendapatan traffic, pengunduhan aplikasi, dan bahkan pembelian produk maupun layanan perusahaan. Semua itu bisa kamu maksimalkan dengan maksimal hanya melalui keberaadaan Facebook Ads pastinya. Jika kamu masih pemula atau masih awam terhadap dunia Facebook Ads maka lebih baik lakukan langkah sederhana terlebih dahulu.

Caranya yaitu dengan memulai salah satu tujuan marketing seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan kata lain kamu tidak harus memilih semua tujuan pemasaran dari Facebook Ads itu tadi. Melainkan pilih sesuai kebutuhan perusahaan terlebih dahulu supaya nantinya jauh lebih optimal dalam penggunaannya. Pastikan juga bahwa semua itu sesuai dengan tujuan perusahaan supaya nantinya kamu tidak kecewa terhadap apa yang telah dipilih.

Remarketing

Keunggulan lain dari Facebook Ads ini tidak lain yaitu terletak pada fitur remarketing yang dimilikinya. Di mana nantinya target pasarmu tidak hanya bisa meninjau iklan yang telah kamu buat itu tadi melalui akaun media facebook saja. Melainkan seluruh audiens juga bisa melihat iklanmu melalui situs website dan bahkan beberapa macam aplikasi yang melakukan kerja sama dengan pihak facebook pastinya. Dengan demikian melalui iklan yang telah disebarkan melalui Facebook, situs website, dan juga aplikasi yang melakukan kerja sama dengan pihak facebook itu tadi nantinya kamu bisa mempertahankan posisi buying intent audience pastinya.

Targetnya spesifik

Buat target iklan jauh lebih spesifik melalui Facebook Ads mulai dari hobi, minat, usia, dan bahkan lokasinya. Selain itu kamu wajib tahu bahwa ternyata tidak hanya mempunyai jumlah pengunjung aktif yang berlimpah saja. Melainkan demografi dari para pengguna media sosial yang bernama facebook ini begitu beragam. Hal ini dibuktikan dengan laporan penelitian yang dilakukan oleh pihak hootsuite pada tahun 2021 kemarin. Di mana berdasarkan data tersebut ternyata sebanyak 56 persen para pengguna media sosial Facebook adalah laki-laki. Sedangkan sisanya sendiri yaitu sebanyak 44 persen merupakan pengguna media sosial facebook yang berjenis kelamin perempuan.

Apabila dilihat dari kelompok usianya sendiri sudah pasti facebook menawarkan target pasar yang begitu beragam. Mulai dari kelompok pengguna media sosial facebook yang  aktif dari usia remaja hingga dewasa. Semua itu bisa kamu olah lagi informasi target pasar alias audiens dari pengguna media sosial Facebook tersebut dengan analisis yang mendalam. Dengan begitu nantinya kamu bisa memasarkan produk maupun layanan perusahaan menjadi jauh lebih efektif dan maksimal lagi ke depannya.

Tips Mudah Membuat Iklan di Facebook Ads

Setelah mengetahui pengertian hingga kelebihan dari platform facebook ads  maka kini saatnya  bagi kamu untuk memahami cara pembuatannya. Ada banyak sekali langkah yang wajib kamu ikuti untuk membuat iklan di facebook ads, berikut beberapa diantaranya :

  1. Buat halamannya

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan terlebih dahulu yaitu dengan membuat halaman facebook.  Pada dasarnya, iklan facebook sendiri hanya bisa dilakukan melalui halaman alias fanpage. Dengan begitu dapat dikatakan juga bahwa akun individu alias personal tidak akan bisa memposting atau mempromosikan iklan perusahaannya sendiri. Maka dari itu kamu wajib membuat halaman facebook terlebih dahulu.

Caranya sendiri sangat gampang kamu cukup log in dengan menggunakan akun facebook saja lalu di bagian menu halaman klik buat halaman baru. Setelah itu kamu tinggal mencari kategori apa saja yang sesuai dengan bisnismu itu tadi. Jika sudah maka isi data yang sesuai dengan bisnismu tadi pada form yang telah disediakan. Mulai dari nomor hp, bisnis, alamat, dan juga kategorinya setelah itu klik lanjutkan dan setting sesuai petunjuk yang diberikan.

  1. Log in akun facebook ads

Jika kamu Sudah selesai membuatnya maka langsung log in saja menuju akun facebook ads manager. Jika kamu Menggunakan aplikasi facebook di smartphone maka nantinya akan diarahkan secara langsung menuju ke luar aplikasi. Hal ini tidak lain karena halaman facebook ads manager itu tadi memang tidak sama dengan aplikasi utamanya. Namun meskipun begitu prosesnya sendiri sangat cepat sehingga kamu tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk log in ke halaman facebook ads manager itu tadi pastinya.

  1. Tentukan kampanyenya

Ketika akan membuat iklan maka sudah pasti kamu memilih nama halamannya sendiri. Hal tersebut perlu dilakukan apalagi saat kamu mengelola halaman dalam jumlah yang banyak secara sekaligus dan pastinya dalam satu akun pribadi saja. Cara pembuatan kampanye iklan ini pada dasarnya sangat mudah karena kamu hanya tinggal mengeklik menu creation saja. Di mana letak menu tersebut berada di panel menu sebelah kiri halaaman facebook ads manager tadi. Dengan begitu nantinya kamu akan diarahkan secara langsung dan wajib memilih opsi yang tersedia. Mulai dari campaign, awareness, consideration, conversion, dan juga ad set.

  1. Kenali dashboardnya

Sebelum membuatnya lebih baik kamu memahami terlebih dahulu dasboard dari masing-masing opsi facebook ads manager itu tadi. Pertama yaitu opsi campaign di mana nantinya kamu Wajib menentukan terlebih dahulu tujuan apa yang akan dicapai melalui tahapan ini. umumnya ada tida jenis tujuan yang bisa kamu pilih beberapa diantaranya yaitu berupa conversion, consideration, dan juga awareness. Setelah itu kamu tinggal membuka tab campaign saja dan klik tombol yang bertuliskan + create yang berwarna hijau. Dengan begitu nantinya kamu akan dihadapkan pada halaman pop up untuk memilih beberapa opsi tujuan campaign itu tadi.

Adapun dashboard awareness berfungsi untuk membangun kesadaran merk sehingga nantinya para audiens akan lebih cepat tahu mengenai bisnismu. Nantinya mereka yang melihat tayangan iklan produk maupun layananmu merupakan calon pembeli yang sesuai dengan target pasar bisnismu tadi pastinya. Dengan begitu nantinya jumlah pengunjung dan target pasar akan jauh lebih banyak lagi tentunya. Tetapi meskipun begitu kamu juga harus ingat bahwa tidak semua audiens akan membeli produk maupun layananmu secara langsung saat itu juga.

Di isis ain ada juga dashboard considerationyang terbagi menjadi beberapa bagian, pertama yaitu traffic kunjungan yang berguna untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Kedua, interaksi yang mana berfungsi untuk mengajak para audiens mau menanggapi postingannya baik melalui likes maupun komentar. Ada juga pembuatan aplikasi untuk meningkatkan jumlah unduhan dan juga pemasangannya. Di sisi lain pembuatan prospek sangat berguna untuk meningkatkan ketertarikan para audiens supaya nantinya kamu bisa memperoleh alamat emailnya dan dijadikan sebagai media promosi ke depannya. Terakhir sebagai sarana untuk membawa para penonton iklan video untuk mengirimkan pesan kepada perusahaan.

Ada juga dashboard conversion yang berguna untuk mengubah jumlah view iklan menjadi angka penjualan layanan maupun produk yang kamu tawarkan itu tadi. Bahkan conversion juga bisa berupa penjualan  katalog untuk memberitahu iklan yang ditawarkan jauh lebih lengkap karena mempunyai katalog produk. Selain itu ada juga kunjungan toko yang mengajak para pemirsa di iklan facebook supaya mau mengunjungi situs website, marketplace, maupun toko Online.

Terakhir yaitu dashboard ad set yang berguna untuk menentukan berapa besarnya anggaran iklan yang akan dibayarkan ke depannya secara sekaligus atau per harinya. Bahkan kamu juga bisa melihat lokasi, umur, dan juga gender melalui dashboard ad set untuk memenuhi kebutuhan setiap pelanggan tentunya. Bahkan kamu Juga bisa memilih target yang sesuai berdasarkan keinginan maupun kebutuhan bisnismu sendiri pastinya.

  1. Buat iklannya!

Apabila kamu sudah paham mengenai berbagai macam cara pembuatan iklan di facebook ads pada pembahasan sebelumnya maka kini saatnya untuk membuatnya. Baik dari segi judulnya senidir, teks promosi, tampilan visual, dan berbagai macam fitur pendukung lainnya. Kamu juga bisa memilih campaign objective alias kampanye apa saja yang pernah dibuat dengan cara mengeklik opsi use existing campaign. Jika sudah maka tinggal lengkapi berbagai macam informasi yang dibutukan mulai dari nama iklannya hingga tracking sebagai alat untuk membantu performa iklan.