Desember 7, 2022

Belakangan ini, aktivitas berkebun menjadi hobi baru yang sangat menyenangkan untuk dilakukan di rumah. Hal ini mulai terjadi ketika pandemi menyerang dan banyak orang yang harus berdiam diri di rumah untuk menghindari kerumunan. Inilah yang membuat banyak orang memiliki hobi baru yaitu berkebun di rumah.

Cara Berkebun di Rumah Lahan Sempit

Meski menjadi aktivitas yang bagus dilakukan di rumah, tidak semua orang bisa bebas berkebun di rumah terutama rumah dengan lahan sempit. Lalu bagaimana solusinya? Berikut ini beberapa tips atau cara berkebun di rumah lahan sempit yang bisa Anda terapkan.

  1. Berkebun dengan Metode Vetikultur

Metode pertama yang bisa dilakukan pada lahan sempit yaitu menanam dengan arah vertikal atau disebut vetikultur. Anda bisa memanfaatkan bidang vertikal seperti dinding atau pagar rumah. Caranya bisa ditempel, disusun, ditingkat atau sekarang banyak juga instalasi khusus untuk berkebun vetikultur.

  1. Berkebun dengan Metode Hidroponik

Selanjutnya ada metode hidroponik yang cukup populer hingga banyak yang menjadikannya sebagai bisnis. Metode ini dilakukan dengan menggunakan media air sebagai media tanam utamanya. Meski tidak menggunakan tanah sama sekali, berkebun dengan cara hidroponik juga bisa menghasilkan tanaman yang berkualitas. Metode ini banyak digunakan untuk menanam sayuran untuk kebutuhan keluarga.

  1. Berkebun dengan Metode Aeroponik

Sesuai dengan namanya, aero yang artinya udara, metode ini dilakukan dengan cara memanfaatkan media udara sebagai media tanam. Hasilnya, produksi akan semakin tinggi dan dapat tumbuh lebih cepat. Aroma, rasa dan cita rasanya juga lebih segar dan lebih baik.

  1. Berkebun dengan Metode Tambulampot

Tambulampot adalah singkatan dari tanaman buah dalam pot. Nah, metode ini juga cukup banyak diterapkan oleh masyarakat perumahan dengan lahan berkebun yang sempit. Meski sempit, Anda tetap bisa memiliki tanaman atau pohon buah berukuran kecil dan dapat menikmati buahnya saat panen. Tambulampot kini juga banyak dijual di berbagai e-commerce dan mudah dicari.

Tips Berkebun Supaya Tidak Gagal

Berkebun memang tidak semudah yang dikatakan karena pada kenyataannya banyak juga yang mengalami kegagalan. Bahkan ada yang sudah menyerah karena selalu gagal dalam berkebun. Oleh sebab itu, berikut terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan supaya aktivitas berkebun tidak gagal.

  • Buat Perencanaan Berkebun

Plan atau rencana berkebun sebenarnya akan sangat dibutuhkan dan memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan kebun Anda. Perencanaan yang dibutuhkan contohnya seperti metode berkebun yang digunakan, lokasinya di mana, jenis tanaman apa dan lain-lain.

  • Terkena Sinar Matahari

Sebaiknya pilih lokasi yang terkena sinar matahari, namun cari tahu dulu karakteristik tanamannya karena kebutuhan penyinaran bisa berbeda-beda. Ada tanaman yang membutuhkan paparan sinar matahari lebih lama daripada tanaman lain. Namun secara umum biasanya tanaman membutuhkan sinar matahari sekitar 6 jam.

  • Perhatikan Kondisi Lingkungan

Selain itu kondisi tanah, air dan angin di lingkungan juga berpengaruh, pastikan tanahnya gembur dan minim angin. Untuk mendukung itu Anda juga bisa membuat media tanam sendiri dengan mencampurkan tanah, pupuk dan sekam atau media tanah lainnya.

Berbagai tata cara berkebun juga bisa Anda pelajari di internet atau dengan mengunduh beberapa video di YouTube. Nah, cara download-nya bisa dibaca di prasstyle news.

Jadi, tidak ada halangan untuk melakukan aktivitas berkebun walaupun lahan di rumah tidak terlalu luas. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati hal itu. Jika Anda tidak memiliki lahan di teras atau belakang rumah, maka bisa juga memanfaatkan rooftop untuk berkebun.