Desember 8, 2022

Keperluan mengkonvert atau mengubah foto menjadi pdf saat ini semakin banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan format file berupa JPG terkadang kurang jelas bahkan pecah-pecah. Bahkan, jika Anda mengirim foto dalam bentuk JPG pada aplikasi tertentu, kualitas foto tersebut bisa turun. Sedangkan jika dalam bentuk PDF kualitas foto akan terjaga dan bisa dibaca jelas menggunakan perangkat apapun.

Tidak hanya itu saja, mengubah file JPF ke PDF atau mengecilkan ukuran file PDF terkadang juga dibutuhkan untuk kepentingan mengupload suatu dokumen tertentu.Misalnya melamar pekerjaan melalui online.Nah, dalam beberapa situs web tertentu mewajibkan Anda untuk mengirim foto dalam bentuk dokumen. Lantas bagaimana cara convertĀ  foto JPGke PDF?

Sebelum Anda mengetahui cara convert foto JPG ke PDF, kenali terlebih dahulu apa itu PDF. PDF sendiri merupakan format dokumen yang sering digunakan di dunia kerja.Sebab, file dalam bentuk PDF ini digadang paling aman dibandingkan dengan file lainnya. Dilansir dari situs Papuanews.id, terdapat beberapa cara convert foto JPG ke PDF yang dapat Anda lakukan.

Dalam mengkonvert foto JPG ke PDF, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Nah, berikut ini beberapa cara convert foto JPG ke PDF tanpa aplikasi dengan mudah dan cepat:

  • Adobe Acrobat

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan membuka website Adobe Acrobat. Setelah jendela website Adobe Acrobat terbuka, Anda bisa klik select a file atau seret langsung file dari perangkat ke kotak converter. Kemudian, pilih foto lalu tunggu proses upload dan converting. Jika sudah selesai, Anda tingga mengeklik download.

 

Cara ini hanya bisa dilakukan sekali saja, jadi jika Anda ingin mengubah file foto JPG ke PDF lagi, Anda harus login ke akun Adobe Acrobat.Anda bisa login ke akun Adobe Acrobat dengan Gmail, Facebook atau lainnya.

 

  • ILovePDF

Cara mencovert foto JPG ke PDF yang direkomendasikan Papuanews.id yang selanjutnya adalah ILovePDF.Situs ini salah satu situs yang banyak peminatnya.biasanya digunakan oleh para pelajar atau mahasiswa. Hal ini dikarenakan, ILovePDF merupakan platform konversi berbagai jenis file ke PDF atau sebaliknya yang mudah dan cepat.

 

Untuk mengkonvert foto JPG ke PDF menggunakan ILovePDF, langkah awal yang harus Anda lakukan yakni membuka situs ilovepdf.com.Kemudian pilih menu JPG to PDF untuk mengkonversi foto ke PDF. Setelah itu klik select JPG images atau langsung drop file fotp dari perangkat ke browser ILovePDF. Pilih foto dan tunggu proses upload.

 

Pilih format halaman portrait atau landscape, atur page size dan margin file. Lalu, klik convert PDF. Jika sudah selesai diubah, Anda tinggal mengeklik download PDF untuk menyimpan file.

 

  • Via SmallPDF

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan situs converter online gratis dari SmallPDF.Caranya, Anda buka situs SmallPDF di https://smallpdf.com/id/jpg-ke-pdf. Dengan membuka situs tersebut Anda akan langsung diarahkan ke kolom konversi JPG ke PDF. Kemudian klik file yang ada di kolom kuning atau Anda bisa langsung menyeret foto dari file explorer ke kotak converter.

 

Jika sudah, Anda tunggu beberapa saat hingga file JPG selesai di upload.Kemudian, Anda atur ukuran kertas yang diinginkan dan mengatur posisi landscape atau portrait.Kemudian, klik mengubah dan unduh untuk menyimpan file.

Demikian beberapa cara convert foto JPG ke PDF tanpa aplikasi dengan mudah dan cepat. Selain tanpa aplikasi, Anda juga bisa mengkonvert foto dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Photoshop, MS.Word, dan lain-lain.