Desember 8, 2022

Anak yang terlambat berbicara menjadi permasalahan pelik yang banyak dikeluhkan oleh para orang tua. Keterlambatan berbicara dapat terjadi karena faktor genetik, pendengaran yang bermasalah atau karena terjadi gangguan pada otak. Sebagai orang tua, wajib hukumnya untuk mengetahui bagaimana cara untuk melatih anak untuk berbicara. Anak usia 3 tahun dapat dilatih berbicara dengan cara yang beragam. Untuk mengetahui cara-cara tersebut, simak ulasannya di bawah ini.

Anak usia 3 tahun dapat dilatih berbicara dengan cara mengucapkan kalimat yang pendek terlebih dahulu. Anak akan merasa kesulitan untuk meniru berbicara ketika orang tua berbicara dengan menggunakan kalimat panjang. Selain mudah untuk mengikuti, kalimat pendek juga memudahkan anak untuk mencerna perkataan yang diucapkan oleh orang tua. Cara ini harus dilakukan secara berulang sehingga anak dapat benar-benar mengikuti kalimat yang diucapkan.

Memberikan contoh kata yang tepat menjadi cara lainnya yang dapat dilakukan oleh anak untuk melatih anak usia 3 tahun untuk berbicara. Sering kali kita melihat, banyak orang tua yang menggunakan kata mamam dan cucu ketika berbicara dengan anaknya. Kebiasaan berbicara dengan menggunakan kosa kata bayi tersebut tidak tepat dilakukan oleh para orang tua karena akan membuat anak terbiasa untuk mengucapkannya. Orang tua harus mengucapkan kata yang tepat sehingga anak usia 3 tahun akan terbiasa untuk mengcapkannya.