Desember 7, 2022

 

Membaca jam dalam bahasa Inggris mungkin terlihat cukup sederhana, namun hal ini sangat penting. Tak banya diketahui bahwa cara membaca jam dalam bahasa Inggris cukup banyak, dan bila tidak dipahami bisa salah. Inilah beberapa metode yang digunakan untuk membaca jam dalam bahasa Inggris yang mudah untuk dipahami.

5 Metode Baca Jam Dalam Bahasa Inggris

  1. PM dan AM

Membaca jam dalam bahasa Inggris bisa berbeda dengan cara membaca jam dalam bahasa Indonesia. Sehingga walaupun hal ini terlihat sederhana, namun sangat penting untuk dikethui untuk anda yang sedang mempelajari bahasa Inggris. Membaca jam dalam bahasa Inggris mempunyai banyak metode.

Salah satu cara membaca jam pada bahasa Inggris yang banyak digunakan adalah PM dan AM. Istilah ini mungkin banyak anda temukan di banyak tempat dan perangkat elektronik. AM adalah singkatan dari ‘Ante Meridiem’ atau yang juga berarti Before Midday. Sedangkan PM adalah ‘Post Meridiem’ yang juga berarti After Midday. kursus bahasa inggris di jakarta selatan

  1. To dan Till

Cara membaca jam dalam bahasa Inggris lainnya adalah dengan menggunakan istilah To dan Till. Kebalikan dari penggunaan istilah Past dan After yang berarti lebih, istilah To akan mempunyai arti kurang. Misalnya bila anda ingin memberitahu waktu menunjukkan pukul 11:40, maka anda bisa mengatakan It’s twenty to twelve yang artinya pukul 12 kurang 20.

Sedangkan istilah till mempunyai makna menuju. Sehingga bila anda ingin mengatakan bahwa waktu menunjukkan pukul 10:50, maka anda bisa mengatakan It’s ten till eleven. Atau yang mempunyai arti 10 menit menuju pukul 11. Istilah tersebut sebenarnya juga sudah umum digunakan dalam Bahasa Indonesia.

  1. Past dan After

Cara membaca jam dalam bahasa inggris lainnya adalah dengan menggunakan metode  Past dan After. Kedua istilah ini memiliki arti lewat atau lebih. Sebagai contoh, kalau anda ingin  mengatakan waktu menunjukkan pukul 6:00 lewat 10 menit, maka anda bisa mengatakan It’s ten past six. Menit disebutkan diawal dan jam diakhir.

  1. A Quarter and A Half

Istilah lainnya adalah menggunakan a quarter yang mempunyai arti seperempat atau 15 menit. Misalnya bila anda ingin mengatakan waktu bertemu pukul 10:15, maka anda bisa mengatakan Quarter past ten atau yang berarti dalam bahasa Indonesia Pukul 10 lewat 15 menit. Atau bila waktu hanya tersisa 45 menit sebelum jam 11, anda bisa mengatakan Quarter to eleven.

Istilah yang kedua adalah a half yang mempunyai arti setengah atau 30 menit. Sehingga bila anda ingin mengatakan bahwa waktu menunjukkan pukul 6:30, maka anda dapat mengatakan Half past six yang berarti Pukul 6 lewat 30 menit. Tapi bila anda ingin mengatakan waktu tersisa 30 menit sebelum jam 7, maka anda bisa mengatakan Half to six.

  1. Sharp dan Hundred

Cara lainnya membaca jam dalam bahasa Inggris adalah dengan penyebutan Sharp dan Hundred. Sharp adalah istilah yang digunakan saat merencanakan sesuatu. Misalnya, saat membuat janji anda bisa mengatakan Meet you there. Four o’clock sharp! atau yang berarti Sampai ketemu disana. Pukul empat tepat!.

Cara membaca jam dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan istilah hundred. Istilah ini digunakan untuk membaca waktu dalam hitungan 24 jam. Sebagai contoh bila anda ingin membuat janji pukul 18:00, maka anda bisa mengatakan We’ll meet at exactly eighteen hundred. Don’t be late!.

Itulah beberapa cara dan tips pintar bahasa Inggris yang bisa dilakukan. Baik untuk pemula maupun tingkat lanjutan yang ingin mempertajam kemampuan bahasa Inggrisnya pun bisa menggunakan cara diatas. Kunci belajar bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya adalah ketekunan dan sering mempaktekkannya. Selamat mencoba.