Agustus 11, 2022

Perhiasan seperti emas harus rutin dibersihkan agar kilaunya tetap terjaga dengan baik dan mampu menampakkan keindahan. Sebab bukan tidak mungkin emas akan terlihat lebih gelap, kusam, dan hitam jika dibiarkan. Oleh karena itu, cara membersihkan emas yang menghitam berikut ini patut anda coba.

Membersihkan Emas yang Terlihat Kusam dan Menghitam

  1. Gunakan Amonia

Amonia terkenal sebagai agen pembersih yang sangat efektif. Sehingga anda dapat memanfaatkan senyawa tersebut untuk membersihkan emas yang mulai kusam dan menghitam. Akan tetapi, anda perlu ekstra hati hati ketika menggunakannya. Sebab amonia termasuk sebagai pembersih yang keras.

Cara menggunakannya pun harus dengan campuran air dengan perbandingan 1:6. Kemudian aduk campuran hingga merata dan rendam perhiasan di dalamnya sekitar 60 detik saja, jangan terlalu lama karena sifat korosif amonia bisa mengikis lapisan emas. Dan untuk mengeluarkan emas dari rendaman, gunakan saringan bergagang dan bilas di bawah air mengalir.

  1. Gunakan Pembersih Khusus Perhiasan

Lebih aman, anda bisa menggunakan pembersih khusus perhiasan untuk mengembalikan kilau emas. Apalagi sekarang sudah ada berbagai macam pembersih yang dirancang khusus untuk perhiasan dengan menyesuaikan terhadap bahannya. Jadi ada pembersih yang memang ditujukan untuk menghilangkan noda dan kusam pada emas.

Ada yang berupa pembersih bentuk cairan, kertas pembersih, sikat pembersih, sampai mesin khusus pembersih perhiasan. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing masing. Cara penggunaannya bisa dilihat pada manual produk atau tanyakan langsung pada penjual ketika membelinya.

  1. Cairan Alkohol

Cara membersihkan emas yang menghitam selanjutnya bisa menggunakan cairan alkohol. Anda bisa memanfaatkan hand sanitizer untuk lebih mudahnya mendapatkan cairan alkohol tersebut. Namun melakukan cara ini harus berhati hati dan tidak boleh sembarangan. Pasalnya tidak semua perhiasan memiliki kandungan emas sepenuhnya.

Namun ada juga yang dicampur dengan kandungan lain dan mungkin tidak cocok apabila terkena oleh cairan alkohol. Maka dari itu, anda bisa merendam perhiasan di dalam cairan alkohol selama beberapa menit apabila kandungannya seratus persen emas. Jika ada campuran lain bisa menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan cairan alkohol untuk membersihkan.

  1. Campuran Sabun Cuci Piring dan Air Soda

Cara mudah lainnya untuk membersihkan emas yang kusam dan mengembalikan kilaunya yaitu menggunakan campuran sabun dan air soda. Kedua bahan tersebut sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari hari, sehingga cara ini tentu sangat praktis dan patut dicoba.

Caranya yaitu campur air hangat dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Kemudian rendam emas ke dalam larutan tersebut selama kurang lebih 15 menit. Nantinya kotoran pada emas akan terlepas dengan sendirinya. Setelah itu angkat perhiasan dan gosok menggunakan sikat gigi secara lembut. Terakhir, bilas emas menggunakan air hangat dan keringkan dengan kain lembut.

  1. Campuran Cuka dan Baking Soda

Selain campuran sabun cuci piring dan air soda, campuran cuka dan baking soda juga larutan yang ampuh untuk membersihkan perhiasan seperti emas. Prosesnya cepat dan praktis, tidak jauh berbeda dari cara sebelumnya. Cukup dengan mencampurkan cuka, baking soda, dan segelas air hangat. Lalu masukkan emas ke dalamnya dan rendam selama beberapa menit sebelum diangkat serta dikeringkan.

Selamat mencoba beberapa trik di atas untuk membersihkan perhiasan yang menghitam. Supaya emas nantinya tidak mudah kusam, sebaiknya perhatikan cara menyimpannya. Dianjurkan untuk menyimpan emas secara terpisah dan masing masing dalam wadah supaya terhindar dari goresan. Tidak lupa, lap emas secara rutin supaya tetap bersih dan tidak kotor.