Desember 7, 2022

Apakah Anda pernah menggunakan Gmail? Dilansir dari Lewatin Aja, Gmail adalah layanan email yang diluncurkan oleh Google. Dengan menggunakan Gmail maka banyak orang dapat menerima email dengan mudah. Memang Gmail merupakan layanan email yang paling banyak digunakan oleh orang. Ada berbagai macam kelebihan yang diberikan oleh Gmail. Anda pun juga bisa menikmati kelebihan tersebut.

Fitur Arsip Pada Gmail

Salah satu kelebihan yang bisa Anda rasakan saat menggunakan Gmail adalah fitur Arsip. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk mengarsipkan atau meletakkan email lama Anda sehingga tidak akan tercampur dengan email baru yang masuk ke inbox atau kotak masuk Anda. Akan tetapi, pesan yang sudah Anda arsipkan di Gmail ini akan disembunyikan. Tenang saja, Anda masih bisa membuka dan menemukan email yang sudah diarsipkan tersebut di Gmail. Anda juga bisa mengembalikannya ke inbox atau kotak masuk Anda. Bagaimana cara mengarsipkan email di Gmail? Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu memilih email yang ingin Anda arsip, saat sudah dipilih atau dicentang, maka akan muncul menu yaitu Archive atau Arsip.

Cara Membuka dan Menemukan Arsip Email

Jika Anda merupakan pengguna baru Gmail dan masih belum paham bagaimana cara kerja Gmail seperti menu arsip, terkadang Anda tidak sengaja menekan tombol arsip pada suatu email. Anda akan kebingungan untuk menemukan email tersebut. Jika hal ini terjadi pada Anda, berikut ini adalah cara mudah untuk membuka dan menemukan email yang terarsip pada Gmail.

Anda login terlebih dahulu ke akun Gmail Anda. Saat sudah masuk ke Gmail Anda, maka Anda bisa mencari email yang diarsipkan tersebut jika Anda mengetahui nama pengirim, subjek email, atau bagian lain dari email tersebut. Anda cukup ketik nama pengirim, subjek email, atau bagian lain dari email pada kotak pencarian yang ada di bagian atas Gmail Anda.

Saat email tersebut sudah ditemukan, maka Anda lihat label yang tertera pada email tersebut. Jika Anda menerapkan label pada email yang diarsipkan, maka email tersebut masih bisa ditemukan dan dibuka. Email akan diurutkan pula sesuai dengan label yang diterapkan. Untuk melihat label yan tertera, Anda bisa melihat pada bagian kiri halaman Gmail.

Anda juga bisa menemukan dan membuka email yang diarsip pada Gmail dengan cara klik menu More yang ada pada bagian kiri halaman Gmail. Dengan menu inilah maka Anda bisa melihat semua pesan email yang masuk ke Gmail Anda. Mulai dari email terbaru hingga email yang diarsipkan. Pada menu ini, pesan yang diarsipkan hanya mempunyai label Inbox yang dihapus sehingga tidak akan Anda temukan di kotak masuk atau inbox.

Karena itulah untuk memunculkan email yang sudah diarsipkan ke dalam inbox Anda kemabali, maka klik Move to Inbox. Dengan menu inilah maka email yang sudah terarsipkan ini akan muncul pada inbox Anda. Email ini akan diurutkan berdasarkan tanggal.

Cara di atas merupakan cara yang bisa Anda akses dari website. Lalu bagaimana jika Anda ingin mengakses email yang diarsipkan dari aplikasi Gmail? Caranya tentu saja saja dengan cara menemukan dan membuka email yang diarsipkan pada Gmail. Anda hanya perlu mengikuti Langkah-langkah di atas pada saat membuka Gmail dari aplikasi. Karena tampilan Gmail pada website dan aplikasi sama saja. Tentunya Langkah tersebut sangat mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba.