Agustus 11, 2022

Smartphone atau Hp kini telah menjadi bagian dari rutinitas kehidupan manusia. Karena sering digunakan tidak jarang beberapa perangkatnya mengalami kerusakan. Hal yang  paling sering rusak duluan adalah bagian port charger hp yang longgar. Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu kenyamanan saat menggunakan Smartphone karena akan membuat baterai cepat habis.

Padahal bagian charger menjadi salah satu tempat vital untuk pengisian baterai. Tanpa adanya baterai maka akan membuat HP tidak bisa dinyalakan dan dioperasikan.

Dampak Negatif dari Kerusakan Port Charger pada Hp

Port charger merupakan salah satu elemen penting dari ponsel. Jika smartphone tidak memiliki daya baterai, Tentunya Anda tidak dapat menggunakannya. Untuk itulah sangat penting untuk memberikan perhatian lebih pada komponen ini.

Pernahkah Anda mengalami adalah pada Port charger, seperti pengisian daya tidak sesuai dan tidak berfungsi. Bila mengalami hal ini, jangan panik terlebih dahulu karena mungkin saja Port charger hanya longgar sehingga tidak bekerja dengan baik.

Apabila bagian port charger HP yang longgar tidak segera diperbaiki maka bisa menimbulkan terjadinya kerusakan pada beberapa bagian komponen HP. Ini menjadi salah satu hal yang cukup serius dan harus diperhatikan.

Sebenarnya kerusakan pada port charger ini biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal mulai dari faktor keluar maupun kerusakan dari dalam. Akan tetapi biasanya yang paling sering terjadi adalah HP terjatuh yang menyebabkan pecahnya komponen pada port. Selain itu juga kebiasaan baterai HP dalam keadaan aktif alias tidak dimatikan.

Penyebab Port Charger Longgar dan Cara Memperbaikinnya

Penyebab utama kenapa charger hp bisa jadi longgar ialah karena sering menggunakan kabel tidak original atau gontai ganti charger. Usahakan untuk tidak melakukan hal ini. Untuk memperbaikinya bisa gunakan 2 cara berikut :

  1. Bersihkan Lubang Port Charger

Cara memperbaiki charger hp yang longgar pertama ialah dengan membersihkan Port konektor yang kotor. Debu dapat membuat Port jadi longgar. Cobalah menggunakan jarum atau kuas lukis untuk membersihkannya.

  1. Mengatur Kembali Arah Konektor

Dampak buruk karena terlalu sering menggunakan charger palsu atau tidak original adalah membuat konektor bengkok atau miring. Selain itu masalah ini juga bisa terjadi bila ponsel pernah terjatuh yang membuatnya longgar.

Bila mengalami hal ini, Anda dapat memperbaiki lubang charger ponsel yang longgar dengan mengubah arah konektor menjadi sedia kala. Untuk melakukannya, gunakan jarum jahit yang cukup kuat ubah arah konektor menjadi sedia kala secara perlahan.

Jika belum mengerti cara melakukan hal ini dapat mengikuti langkah langkah sebagai berikut :

  • Ambil jarum yang kuat
  • Cari lubang Port charger, lalu masuk jarum tersebut kesana
  • Kemudian goyangkan ke kiri dan ke kanan, atas bawah untuk membuat Port charger bisa lurus kembali.
  • Pastikankan arah konektor sudah tidak bengkok atau miring lagi.
  • Bila sudah dirasa cukup. Coba lakukan pengetesan dengan mengisi daya baterai.

Demikian informasi mengenai cara memperbaiki charger hp yang longgar. Dengan mengikuti langkah langkah dan mengenali penyebab terjadinya masalah ini, Anda dapat menuntaskannya dengan metode yang benar.

Apabila Anda menginginkan informasi terkait dunia gadget maka bisa melihatnya di website Gadgetinku.Com. ini merupakan sebuah situs resmi yang berisi berbagai macam informasi terbaru seputar teknologi dan gadget. Di sana juga terdapat berbagai tips menarik untuk memperbaiki kerusakan pada smartphone maupun laptop.