Agustus 11, 2022

Pengisian baterai ponsel bisa sangat menyulitkan ketika charger hp terasa longgar. Ini biasanya ditandai dengan konektornya yang mudah terlepas. Jika ini terjadi, bagaimana cara memperbaiki charger hp yang longgar tersebut?

Perbaikan bisa dilakukan sendiri. Anda tidak perlu datang ke tukang servis. Terkecuali jika masalahnya memang lebih serius.

Di sini, Kami akan menunjukkan tips memperbaiki charger hp yang terlihat longgar tersebut. Sebelum mengulas metodenya, mari kenali penyebab dan risikonya terlebih dahulu.

Penyebab Charger Ponsel Longgar

Longgarnya port charger atau konektor ini bukan tanpa alasan. Ada sejumlah penyebab yang melatarbelakanginya. Sebagian penyebabnya malah dibiasakan oleh pengguna.

Salah satunya adalah menggunakan charger palsu. Charger yang tidak orisinal biasanya memiliki ukuran yang sedikit berbeda. Ketika digunakan, charger tersebut dapat memberikan tekanan pada port sehingga menjadi lebih lebar.

Apabila Anda nantinya menggunakan charger yang asli, bisa dipastikan jika charger tersebut tidak melekat erat. Justru, kabel charger yang terhubung akan mudah terlepas.

Penyebab lainnya, Anda terlalu sering mengisi daya sambil menggunakan smartphone. Kebiasaan ini pun terkadang bisa menimbulkan masalah pada port.

Gerakan seperti tarikan atau semacamnya dapat membuat port berubah posisinya. Begitu pula, pengisian tersebut membuat hp lebih cepat panas. Pada akhirnya, elemen dalam charger akan terpengaruh seperti melebar.

Risiko Longgarnya Port Charger Hp

Longgarnya port charger tentu saja berisiko bagi ponsel. Risikonya berkaitan dengan pengisian daya.

Pengisian baterai akan terasa lebih lambat dari biasanya. Ini tentunya bukanlah pengalaman yang menyenangkan bagi pemilik smartpone.

Kemudian, risiko terparahnya ialah tidak dapat melakukan pengisian sama sekali. Karena konektor tidak dapat terhubung secara sempurna.

Jika ini sudah terjadi, Anda perlu mencari solusinya supaya pengisian daya dapat dilakukan. Dengan begitu, smartphone dapat dioperasikan seperti biasanya.

Cara Memperbaiki Port Charger Hp Yang Longgar

Sebenarnya, cara memperbaiki charger hp yang longgar ini bukanlah hal yang sulit. Caranya cukup simpel. Mengutip dari website efyei.com, ada du acara yang bisa ditempuh. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Kembalikan Posisi Port dan Konektor

Metode paling simpel ialah mengembalikan posisi lubang port charger ponsel seperti sedia kala. Untuk memastikan berubah tidaknya posisi port, Anda perlu melakukan pemeriksaan.

Langkahnya diawali dengan membersihkan lubang port dari debu atau pun kotoran. Kemudian, perhatikan apakah ada elemen yang bengkok atau tidak. Tepatnya, posisinya tidak lurus.

Kalau menemukan adanya bagian yang tidak lurus, coba luruskan. Caranya dengan memanfaatkan jarum pentul. Masukkan jarum ke dalam port dan gunakan untuk meluruskan elemen port yang bengkok.

Hal sama berlaku untuk konektor. Jika pengembalian posisi port masih kurang maksimal, solusinya adalah melebarkan ujung konektor. Pada ujung konektor terdapat dua titik benjolan. Cukup Tarik keluar menggunakan jarum sesuai kebutuhan.

  1. Lakukan Pergantian IC Charger

Apabila metode pertama tidak memungkinkan, maka solusi terbaiknya adalah mengganti IC Charger. Pergantian ini bisa Anda lakukan sendiri jika Anda paham dengan elektronika.

Tetapi bila tidak, baiknya bawa ke tukang servis. Minta tukang servis untuk melakukan pergantian. Maka, masalah longgarnya charger sudah teratasi.

Setelah dilakukan pergantian, lakukan pengujian. Kemudian, usahakan untuk terus menggunakan charger asli dan hindari gonta-ganti charger. Tujuannya supaya port tersebut tidak berubah ukurannya.

Intinya, periksa terlebih dahulu portnya. Jika tidak ada kerusakan yang parah, Anda tidak perlu mengganti IC. Melainkan cukup dengan menerapkan cara memperbaiki charger hp yang longgar secara manual di atas.