Agustus 11, 2022

Mengenalkan angka kepada si kecil merupakan salah satu pembelajaran dasar yang sederhana. Mengenalkan angka di usia dini juga akan memudahkan anak ketika masuk ke sekolah nantinya. Teknik mengenalkan angka pada anak di usia dini tentunya sangatlah berbeda pada anak yang duduk di sekolah dasar. Selain sikap sabar, Anda juga harus mengajarkan anak dengan cara yang menyenangkan.

Namun, bagaimana cara yang menyenangkan mengajari anak mengenal angka? Nah, berikut ini beberapa cara mengajari anak mengenal angka yang seru agar anak tidak mudah bosan:

  • Menggunakan benda

Cara pertama ialah dengan menggunakan benda.Anda bisa menggunakan mainan balita sebagai sarana mengenalkan angka kepada si kecil.Selain mainan, Anda juga bisa menggunakan benda-benda sekitar.

  • Menyanyikan lagu tentang angka

Anda juga bisa mengenalkan angka pada anak dengan cara bermain, misalnya menyanyikan lagu tentang angka. Melalui nyanyian, si kecil akan lebih mudah mengenal angka. Selain angka, lagu juga mengajarkan si kecil tentang konsep berhitung.

  • Mencocokkan angka dan gambar

Anda juga bisa menggunakan cara mencocokkan angka dan gambar. Caranya, Anda tulis angka 1 sampai 10 di satu set kartu. Lantas gambarkan jumlah benda yang sesuai dengan angka yang ditulis.Misalnya 2 lingkaran atau 3 kotak.Kemudian, ambil selembar kartu berisi angka dan mintalah anak mencocokkannya dengan gambar yang sesuai dengan angka yang tertera pda kartu.