Agustus 11, 2022

Anak balita yang susah buang air besar atau BAB ataupun sering dikenal dengan sembelit pastinya akan merasakan sakit yang membuatnya menangis dan menahan rasa sakit. Sebagai orang tua pastinya tidak akan tega melihat anak menahan rasa sakit sembelit. Lalu bagaimana cara mengatasi sebelit pada balita dengan efektif di rumah?

1. Berikan Makanan Tinggi Serat

Cara mengatasi sembelit pada balita yang perlu orang tua ketahui adalah memberikan makanan yang tinggi serat. Pastikan orang tua memberikan anak makanan seperti sayur dan buah-buahan yang tinggi serat.

Karena makanan yang tinggi serat akan membantu anak balita bisa lancar BAB dan terhindar dari sembelit. Buah yang memiliki serat tinggi dan baik untuk mengtasi sembelit pada balita adalah buah naga, alpukat, apel, pir, dan pepaya.

2. Memperbanyak Konsumsi Yoghurt

Selain memberikan konsumsi buah dan sayur, anak balita juga bisa mengkonsumsi yoghurt untuk memperlancar bab. Sehingga anak bisa terhindar dari sembelit, karena kandungan yoghurt sangat membantu tinja menjadi lunak dan mudah dikeluarkan.

3. Cukupi Asupan Cairan

Memberikan anak banyak minum air yang cukup akan membuat anak dengan mudah mengatasi sembelit. Karena tinja menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan saat cairan dalam tubuh tercukupi.

4. Melakukan Pijatan Lembut pada Perut Anak

Cara mengatasi sembelit pada balita selanjutnya adalah melakukan pijatan lembut pada perut anak. Orang tua bisa memijat perut anak dengan perlahan dengan gerakan melingkar di perut bagian kanan bawah sampai kiri bawah.