Desember 8, 2022

Microsoft Excel menjadi salah satu software pengolah data. Namun sering kali Anda membutuhkan data khusus yang memang harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini sangat ditentukan dari kejelian Anda mengatur lebar kolom dan tinggi baris agar pekerjaan bisa terlihat rapi ketika akan dicetak atau dilaporkan.

Sejauh ini dalam setiap cell di sheet excel, ukuran yang tersedia biasanya default atau ukuran standart yang memungkinkan pengguna harus melakukan penyetelan ulang. Ukuran standart itu 8,43 satuan dalam setiap kolomnya, sedangkan untuk ukuran tingginya 15 satuan.

Berikut ini cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada Microsoft Excel apabila Anda ingin merubahnya secara manual sesuai dengan kebutuhan.

Tips dan Cara Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris Pada Microsoft Excel

Meskipun penyetelan kolom dan baris bisa saja melihat tutorial, namun didalam prakteknya masih banyak pemakai Microsoft Excel kebingungan dalam melakukannya. Dikutip dari situs rekomendasi komputizen.com berikut ini beberapa tips dan cara yang bisa Anda coba.

  1. Memakai Format MS Excel

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah memanfaatkan menu format yang sudah terdapat di dalam Microsoft Excel. Karena setiap aplikasi memang sudah dibekali dengan sejumlah menu dan tool untuk memenuhi segala kebutuhan penggunanya. Untuk memulai caranya, berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan.

  • Silakan lebih dulu membuka Microsoft Excel di laptop atau PC anda.
  • Kemudian perhatikan bagian kolom serta baris akan dirubah ukuran sesuai kebutuhan.
  • Berikut ini adalah masuk pada menu Home, selalu ke Group Cells dan Format.

Pada bagian menu ini akan muncul sejumlah pilihan yang mungkin akan anda temukan. Beberapa pilihan tersebut antara lain:

  • Row Height : Digunakan sebagai menu pengaturan tinggi baris pada sel excel dengan cara manual. Setiap pengguna bisa menuliskan tinggi baris berdasarkan kebutuhan.
  • AutoFit Row Height: Digunakan sebagai pengaturan tinggi baris pada sel yang bisa dilakukan secara otomatis sesuai panjang data yang ada di dalam kolom.
  • AutoFit Column Width: Digunakan sebagai pengubah lebar kolom dengan cara otomatis sesuai dengan isi yang ada di dalam kolom.
  • Column Width: Digunakan untuk melakukan pengaturan lebar kolom sesuai kebutuhan.
  • Default Width: Digunakan sebagai pengaturan ulang lebar kolom apabila ingin membuat tabel sesuai dengan ukuran standar.

Dengan memilih beberapa menu diatas, maka Anda akan lebih mudah memastikan ukuran kolom dan baris sesuai dengan keperluan. Perlu diingat, untuk ukuran memang harus menyesuaikan dengan data yang terisi didalam kolom atau baris Excel.

  1. Memakai Pointer Mouse

Cara kedua yang akan dibahas kali ini memang lebih mudah Apabila dibandingkan dengan cara pertama Karena menggunakan mouse. Di mana para pengguna tinggal menggeser ke arah mana kolom atau baris ingin dirubah ukurannya sesuai kebutuhan. Tetapi dengan menggunakan cara kedua ini Apabila tidak jeli tentu saja ukurannya sangat kurang akurat.

Untuk melakukan cara ini silakan mengarahkan kan pointer Mouse kebagian kolom atau baris. Silakan menunggu sampai muncul simbol yang menandakan bagian tersebut memang bisa langsung digeser ke atas atau ke bawah. Tetapi cara ini ini dianggap seringkali digunakan karena cukup sederhana dan bisa dilakukan sesuai keinginan pengguna.

Itulah tutorial dan cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada Microsoft Excel yang bisa Anda ketahui. Dengan mengikutinya maka Anda akan semakin mudah menyesuaikan lebar kolom dan baris ketika sedang mengolah data atau laporan.