Agustus 11, 2022

Air ketuban adalah sebuah cairan amnion yang sangat penting bagi buah hati. Dimana pada saat masih dalam kandungan, cairan ini akan berperan melindungi bayi dari goncangan serta hal berbahaya lainnya. Lalu bagaimana jika dalam proses melahirkan bayi meminum air ketuban? Jangan pakit, berikut cara mengobati bayi minum air ketuban saat prosesi melahirkan.

Cara Mengobati Buah Hati yang Meminum Air Ketuban

  1. Melakukan Pemeriksaan Setelah Melahirkan

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi buah hati yang sudah meminum air ketuban yaitu dengan melakukan pemeriksaan pada saat setelah melahirkan. Hal ini sangat penting dilakukan karena saat meminum air tersebut secara tidak langsung juga bakal menelan kotoran, sehingga akan menyebabkan gangguan di area paru-paru bila tidak segera diatasi.

  1. Melakukan Pengisapan

Tahap kedua yang bisa dilakukan adalah proses pengisapan. Biasanya ini dilakukan jika bayi yang lahir tidak dalam keadaan menangis karena minum airĀ  ketuban yang sudah bercampur dengan mekonium. Penyedotan ini dilakukan pada area mulut dan juga hidung hingga di bagian trakea.

  1. Membantu Dalam Memberikan Oksigen

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk mengatasi buah hati yang menelan air ketuban adalah dengan memberinya oksigen. Proses yang dilakukan adalah dengan memberikan masker khusus pada area hidung dan juga mulut bayi. Namun jika kondisi buah hati memburuk, makadkter akan memberi alat pemberi tekanan oksigen dengan bantuan mesin CPAP.

Ketiga cara yang di sebutlan di atas snagat mapuh dilakukan untuk mengatasi buah hati yang sudah menelan air ketuban. Cara yang dimaksud disini antara lain adalah dengan melakukan pemeriksaan seteleh melahirkan, menjelankan pengisapan, dan membantu dalam memberikan oksigen.