Desember 7, 2022

 

Lantai semen adalah lantai yang berbahan dasar semen yang digunakan sebagai pengganti keramik. Lantai semen juga digunakan banyak orang sebagai solusi dan Alternatif karena selain biayanya yang relatif murah dan terjangkau lantai semen juga mudah digunakan dan didapatkan. Sehingga membuat hemat tenaga,biaya, dan waktu. Lantai semen juga bisa menjadikan inspirasi lantai semen yang budget minim namun tetap kekinian dan modern.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan lantai semen.

Kelebihan

  1. Harga Terjangkau
  2. Mudah didapatkan dan digunakan
  3. Cocok untuk desain interior rumah karena warnanya yang netral

Kekurangan

  1. Perlu perawatan ekstra agar lantai semen lebih awet dan tidak mudah rusak.
  2. Harus sering dibersihkan setiap saat agar tidak kotor.

Tips dalam merawat lantai semen

  1. Sering membersihkan permukaan lantai semen.

Lantai semen cenderung berbeda dengan lantai keramik pada umumnya. Oleh karena itu lantai semen harus sering sering dibersihkan permukaan dasarnya agar menghasilkan lantai yang bersih dan tidak kotor dengan cara disapu secara berkala.

  1. Gunakan pembersih lantai yang tepat.

Untuk penggunaan lantai semen ini yang perlu diperhatikan adalah cara membersihkan lantai dengan mengepel pilih dan gunakan pembersih lantai yang tepat untuk lantai semen. Karena pembersih lantai yang tidak tepat untuk lantai semen dapat menyebabkan lantai semen tersebut menjadi mudah rusak.

  1. Gunakan Air Hangat saat mengepel lantai.

Menggunakan air hangat juga dapat membantu merawat lantai semen. Air hangat dapat membantu merawat lantai semen. Menggunakan air hangat saat mengepel bisa membuat kotoran atau debu dilantai semen terangkat dengan sempurna dan menghilangkan kotoran dengan merata sehingga tidak ada kotoran debu yang menempel di lantai semen jika dipel menggunakan air hangat.

  1. Gunakan bahan alami untuk membersihkan.

Untuk mendapatkan lantai semen yang mengkilap, bersih, dan mewah gunakan bahan alami untuk mengamplas bagian permukaan dasar lantai semen seperti baking soda, atau cuka untuk mempercantik tampilan dan memperhalus tekstur permukaan dasar lantai semen.

  1. Jaga struktur lantai semen

Menjaga struktur lantai semen agar lebih awet bisa menggunakan epoxy lantai agar permukaan lantai tampak mengkilap atau glossy juga menjaga lantai agar tetap tahan lama dan awet. Selain itu guna merawat lantai semen yang dilakukan adalah menjauhkan benda benda keras atau tajam menghantam atau bergesekan dan berbenturan dengan lantai semen. Karena tindakan tersebut dapat membuat lantai semen rusak.

  1. Bersihkan lantai semen dari noda

Tips lainnya merawat lantai semen adalah segera bersihkan permukaan lantai semen jika ada noda yang membandel atau sulit untuk dibersihkan atau dihilangkan. Dengan begitu, noda tersebut tidak akan meninggalkan bekas di lantai semen sehingga mudah dibersihkan dan dihilangkan jika tidak dibiarkan terlalu lama dilantai semen.

  1. Sering poles lantai semen.

Upaya yang harus dilakukan untuk merawat lantai semen adalah dengan cara memoles lantai agar terlihat cantik dan memiliki tekstur permukaan yang halus dan lembut. Poles lantai semen ini dapat dilakukan dengan cara mengamplas bagian permukaan lantai semen yang kasar dengan amplas kelapa secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mengkilap juga memiliki teksi halus dan lembut sehingga lantai semen nyaman digunakan.

8.Gunakan Semen yang berkualitas tinggi dan bagus

Untuk menjaga kestabilan lantai semen dan merawat lantai semen alangkah baiknya menggunakan bahan semen yang berkualitas tinggi dan bagus sehingga ketahanan dan keawetan lantai semen tersebut lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.