Agustus 11, 2022

Berikut ini contoh bangun datar dalam kehidupan sehari hari. Kalian tentu sudah tahu ya, bangun datar itu banyak jenisnya.

Ada persegi,  ada persegi panjang. kemudian ada segitiga, lingkaran, oval segi lima, segi delapan  dan masih banyak lagi.

Nah yang akan kita pelajari sekarang adalah bangun datar dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita. benda-benda seperti apa ya yang termasuk bangun datar?kita mulai saja ya pembahasanya yang kami kutip penjelasan dari web Yuksinau.id.

1. Persegi Panjang

kita mulai dari persegi panjang. Dalam kehidupan sehari-hari, bangun apa ya yang bentuknya persegi panjang? ada banyak, contohnya keset persegi panjang. Contoh lainya ada selendang yang direntangkan membentuk persegi panjang.

Ada lagi contoh lainnya yaitu bendera merah putih. bentuknya adalah persegi panjang.  contoh yang lain adalah poster mungkin.  Kalian sering menemukannya ya poster yang dipasang di jalan-jalan atau mungkin di sekolah.

Sebagian besar poster itu bentuknya adalah persegi panjang.  Contoh berikutnya adalah kertas HVS. Kalian juga pasti pernah menemukannya ya.  kertas HVS bentuknya adalah persegi panjang.

Contoh yang lainnya adalah penggaris. penggaris bentuknya persegi panjang. Berikutnya adalah kertas karton, Kalian sering menggunakannya untuk membuat kerajinan tangan.

2. Persegi

Contoh Bangun datar kedua dalam daftar ini ada persegi. di sekitar kita benda-benda yang mana yang termasuk persegi?  pertama adalah kertas origami. kalian pasti pernah menggunakannya untuk membuat kerajinan tangan bentuknya adalah persegi.

Contoh yang lainnya adalah lantai atau ubin di rumah kalian. Bentuk keramik juga persegi. Kemudian ada juga taplak meja dan sapu tangan.  Bentuknya persegi juga.ya.  semua sisinya sama panjang sudut sudutnya 90°.

3. Bangun datar segitiga

Contoh bangun datar lainya ada segitiga yang biasa dijumpai dalam hidup sehari-hari.  benda-benda apa saja ya yang bentuknya segitiga? Contohnya adalah rambu rambu lalu lintas.

Contoh yang lainnya adalah bendera segitiga. selain bendera yang berbentuk persegi panjang, ada juga bendera yang bentuknya segitiga. Contoh yang lainnya adalah layar dari kapal. ya! layar dari kapal layar bentuknya adalah segitiga.

Contoh yang lainnya adalah penggaris segitiga. kalian mungkin punya ya penggaris dengan bentuk segitiga?

 

4. Bangun datar belah ketupat

Belah ketupat juga merupakan contoh bangun datar dan ini biasa ditemui dalam hidup sehari hari. Contohnya bungkus ketupat kotak-kotak kecil.

Contoh yang lainnya adalah anting. ini merupakan anting yang bentuknya belah ketupat. Ada juga ya bandul kalung yang bentuknya belah ketupat.

Contoh berikutnya ada hiasan dinding bentuknya belah ketupat dan banyak lagi contoh contoh lain.

4. Contoh bangun datar layang-layang

Contoh bangun datar berikutnya ada layang layang.  Layang-layang biasa kita mainkan dengan diterbangkan. layang-layang bisa terbang di atas. layang-layang biasanya terbuat dari kertas ya.

kemudian diikat dengan tali kita bisa menerbangkan layang-layang itu. Nah  sekarang, kita akan mempelajari tentang bangun datar layang-layang. Lalu,  benda apa saja di sekitar kita yang merupakan layang-layang?

Pertama, tentunya adalah layang layang yang biasa kalian mainkan. Itu adalah bangun datar layang layang.

Contoh yang lainnya adalah bandul kalung. Bandul kalung ada yang bentuknya layang-layang.

5. Contoh bangun datar lingkaran

Kita lanjutkan dengan lingkaran.  lingkaran masih banyak ya disekitar kita. benda-benda yang bentuknya lingkaran contohnya adalah CD.  berikutnya adalah jam dinding. jam dinding memiliki bentuk lingkaran.

Contoh bangun datar lingkaran yang lainnya adalah uang koin.  Contoh yang lainnya adalah tutup toples. Ada juga   yang lainnya adalah rambu lalu lintas.

Nah itulah tadi contoh bangum datar yang ada di kehidupan sehari hari. Semoga bermanfaat.