Agustus 11, 2022

Mungkin banyak orang yang masih asing dengan sebutan daun kopasanda. Daun ini adalah daun yang justru memiliki banyak kandungan nutrisi serta manfaat yang baik untuk Kesehatan tubuh. Di Indonesia sendiri, daun kopasanda sendiri memiliki penyebutan yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Ada beberapa daerah yang menyebutnya dengan sebutan gulma, siam, balakacida, tekelan, rumput minjangan, dan lain sebagainya.

Mnafaat yang bisa didapatkan dari daun kopasanda ini adalah membantu untuk mengobati diabetes. Untuk mengolahnya pun sangat mudah karena beberapa orang hanya perlu untuk merebusnya dan meminum daun rebusan tersebut untuk bisa menikmati daun kopasanda ini. Manfaat lain mampu membantu untuk mengobati maag. Ekstrak dari daun kopasanda ini juga sering dimanfaatkan beberapa orang untuk obat sakit maag. Caranya juga sama dengan merebusnya dan meminum airnya. Ada kandungan tannin dengan sifat antioksidan yang bisa didapatkan selama mengonsumsi daun kopasanda ini.

Manfaat lain dari daun kopasanda adalah membantu untuk mencegah penyakit asam urat. Untuk caranya masih sama dengan sebelumnya yaitu dengan merebus daun ini dan meminum air rebusannya. Di dalam daun ini terkanding flavonoid, tannin dan juga saponin. Kemudian, ada juga kandungan lain yang ada di dalam daun ini yaitu zat steroid. Zat ini juga mampu untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan bisa membantu untuk mengobati peradangan.