Desember 8, 2022

Dalam agama Islam seseorang yang menghadiri sebuah pernikahan dianjurkan untuk mendoakan kedua mempelai agar rumah tangganya bisa sakinah, wadah dan warohmah. Pasalnya pernikahan termasuk salah satu ibadah yang paling panjang di dalam hidup. Untuk itu tidak heran jika pahala yang didapatkan dari pernikahan ini sangatlah besar. Itulah alasannya mengapa terdapat banyak sekali doa untuk para pengantin baru. Lantas apa saja doa-doa yang terdapat dalam pernikahan itu?.

Doa-Doa Yang Ada Di Dalam Pernikahan

Pernikahan termasuk salah satu ibadah yang sangat suci dan mulia. Bahkan di dalam agama Islam sendiri pernikahan telah diatur secara detail mulai hingga proses berlangsungnya hingga doa apa saja yang bisa diberikan kepada kedua mempelai tersebut. Adapun beberapa doa  terkait pengantin baru seperti berikut ini.

  1. Doa Untuk Pengantin Baru

Doa pengantin baru ini bisa Anda bacakan ketika sedang menghadiri acara pernikahan baik teman maupun kerabat. Tentunya doa ini ditujukan kepada kedua mempelai yang sudah sah menjadi suami istri. Adapun bacaan doanya seperti berikut ini.

“Barakallahu laka, wa baraka alaika wa jama ‘a bainakuma fii khairin wa afiyah.”

  1. Doa Yang Diucapkan Pengantin Baru

Selain tamu undangan para pengantin baru juga dianjurkan untuk membaca doa ketika mereka sudah dinyatakan sah menjadi suami istri. Doa ini memiliki fungsi sebagai ucapan rasa syukur karena sudah diberikan kesempatan untuk menyempurnakan agama Allah SAW. Adapun doa yang harus dibacakan oleh pengantin pria ketika sudah sah menjadi suami istri sambil memegang ubun-ubun mempelai wanita seperti berikut ini.

“Allahumma ini as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa alaih. Wa a’uzubika min syarrihaa wa syaarrimaa jabaltaha alaih”.

Perlu untuk diketahui bahwa doa itu di atas merupakan salah satu anjuran dari Rasulullah SAW.

  1. Doa Ketika Malam Pertama

Ketika ingin melakukan ibadah pertama kalinya sebagai seorang suami istri di malam hari, sarankan untuk membaca doa terlebih dahulu. Tujuan dari doa ini yaitu agar terhindar dari godaan setan. Selain itu dengan membaca doa ini diharapkan nantinya anak yang dikandung akan dijauhkan dari gangguan setan. Adapun lafal doanya seperti berikut ini.

“ Bismillah, allahumma jannibnaasy syaithoon wa jannibisy syaithoon maaa rozaqtanaa”.

  1. Doa Pengantin Baru Agar Diberikan Keturunan Yang Sholeh

Salah satu keinginan seseorang yang sudah sah menjadi suami istri yaitu mengharapkan bisa diberikan keturunan sholeh dan sholehah. Oleh karena itu agar hal tersebut bisa terwujud maka disarankan untuk membaca doa seperti berikut ini.

“Robbi hablii minas shoolihiin”.

  1. Doa Bagi Pengantin Baru Supaya Selalu Setia

Pastinya keinginan terbesar dari pengantin baru yaitu menginginkan kesetiaannya tetap terjaga dalam waktu lama. Untuk itu agar hal tersebut bisa terwujud bisa mengamalkan doa seperti di bawah ini.

“Walqoytu a’laika mahabbatam minii wa litusna’a alaa aini”

Amalan-Amalan Sebelum  Menikah

Pastinya setiap pasangan memiliki berbagai macam harapan untuk pernikahannya seperti acara bisa berjalan dengan lancar, diberikan kemudahan dalam melaksanakannya dan rumah tangga yang dibina dapat langgeng hingga akhir hayat. Agar harapan-harapan tadi bisa terkabul salah satu caranya yaitu dengan menjalankan amalan sunnah yang terdapat dalam agama Islam. Beberapa amalan sunnah yang bisa Anda kerjakan menjelang pernikahan  seperti berikut ini.

  1. Melaksanakan Salat Hajat

Seperti yang sudah diketahui bahwa salat hajat sendiri merupakan ibadah yang dapat digunakan sebagai perantara untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT.  Oleh karena itu sebagai calon pengantin yang ingin melangsungkan pernikahan sebaiknya melakukan salat hajat agar nantinya acara bisa berjalan dengan lancar. Selain itu dengan melakukan salat hajat ini segala sesuatu yang diinginkan diharapkan didengar oleh Allah SWT. Untuk waktu pelaksanaannya sendiri salat hajat ini bisa dilakukan pada siang maupun malam hari. Meskipun begitu ada beberapa waktu yang dilarang untuk melaksanakan salat hajat ini yakin ketika subuh dan ashar. Sedangkan untuk rakaatnya sendiri yaitu sebanyak dua rakaat.

  1. Memperbanyak Istighfar

Meskipun lafal istighfar itu pendek namun banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari amalan satu ini. Salah satunya yaitu akan dimudahkan dalam berbagai macam urusan termasuk menjalankan pernikahan. Dalam hal ini disarankan untuk sering membaca istighfar  di pagi maupun malam hari. Namun alangkah baiknya untuk dikerjakan ketika selesai salat fardhu. Selain bisa mempermudah segala urusan, sering membaca istighfar juga akan mendapatkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka dan terhindar dari berbagai macam kesusahan.

  1. Melaksanakan Puasa Sunnah

Seseorang yang mengerjakan puasa sunah sendiri memiliki keutamaan yakin doanya akan dikabulkan. Untuk itu agar nantinya pernikahan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai maka beberapa hari menjelang hari H disarankan untuk melaksanakan puasa sunnah. Bukan hanya itu saja dengan sering melakukan puasa sunnah tubuh juga akan lebih sehat.

  1. Memperbanyak Sedekah

Amalan berikutnya yang bisa Anda lakukan menjelang hari pernikahan yaitu memperbanyak sedekah. Selain bisa memperlancar rezeki bersedekah juga dapat sebagai tolak bala dari berbagai macam bahaya seperti kejahatan maupun musibah. Itu artinya bagi seorang pengantin yang menginginkan pernikahannya bisa berjalan lancar dan terhindar dari berbagai macam bahaya sebaiknya memperbanyak sedekah.

  1. Memperdalam Ilmu Agama

Nantinya ketika sudah berumah tangga baik pria maupun wanita memiliki kewajiban dan haknya masing-masing. Dalam hal ini agar bisa mengetahui apa saja hak dan kewajibannya maka perlu memperdalam ilmu agama. Untuk memperdalam ilmu agama itu Anda bisa mendatangi majelis taklim, mendengarkan kajian atau memperbanyak membaca buku. Mempelajari ilmu agama sangatlah penting sebab nantinya bisa menciptakan generasi yang sholeh dan sholehah.

6 Tips Agar Pernikahan Lebih Langgeng

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya di mana tujuan utama dari  pernikahan yaitu agar bisa bersama-sama hingga akhir hayat. Adapun beberapa tips agar pernikahan itu bisa langgeng hingga akhir hayat seperti berikut ini.

  1. Hindarilah Mengungkit Kesalahan Masa Lalu

Tips pertama agar pernikahan itu bisa langgeng yaitu hindarilah untuk mengungkit kesalahan pasangan di masa lalu ketika sedang bertengkar. Pasalnya mengungkit kesalahan yang terjadi di masa lalu hanya akan memperburuk suasana saja. Jadi jika sedang bertengkar dengan pasangan sebaiknya fokuslah pembicaraan mengenai bagaimana cara menangani permasalahan tersebut.

  1. Sering Berikan Pujian Satu Sama Lainnya

Pernikahan bisa langgeng jika kedua pasangan sering memberikan pujian satu sama lainnya. Untuk pujiannya sendiri bisa berupa kata-kata yang sederhana seperti semangat, hati-hati di jalan. Selain itu Anda juga bisa memberitahu kepada pasangan jika mereka terlihat bagus ketika mengenakan baju tersebut. Dalam hal ini apabila pasangan Anda sedang kecewa bisa memberikan pujian tentang kualitas pekerjaan guna memotivasinya.

  1. Mengingatkan Alasan Mengapa Ingin Bersama

Di dalam kegiatan berumah tangga pastinya tidak terlepas dari konflik. Terkadang juga konflik itu membuat lupa akan tujuan utama mengapa memutuskan untuk menikah. Dalam hal ini ketika Anda sedang berkonflik dengan pasangan cobalah untuk mengambil nafas sejenak, kemudian ketika pikiran sudah merasa tenang dan masih merendam lalu diskusikan dengan pasangan dan ingatkan Kembali mengenai alasan mengapa ingin bersama. Dengan begitu nantinya pasangan juga akan meredam egonya sehingga bisa mencari solusi terbaik dari permasalahan yang sedang dihadapi tersebut.

  1. Mempunyai Ekspektasi Yang Realistis

Biasanya permasalahan yang terjadi di dalam berumah tangga itu disebabkan karena harapan  terlalu tinggi dan tidak realistis. Untuk itu cobalah memiliki ekspektasi yang realistis dalam pernikahan dan hindarilah untuk menuntut pasanganmu. Sebab jika Anda tetap memiliki harapan tinggi kemungkinan besar pasanganmu justru akan menyerah sehingga pernikahan berpotensi terjadi perpisahan. Pasalnya salah satu rahasia pernikahan itu bisa awet dan langgeng adalah pada saat Anda melepaskan harapan yang terlalu tinggi tersebut.

  1. Saling Menghargai

Kunci selanjutnya pernikahan bisa langgeng yaitu jika keduanya saling menghargai. Dalam hal ini Anda perlu menghargai perbedaan yang dimiliki pasangan baik tentang kebiasaan, hobi maupun pekerjaannya saat ini. Tentunya jika kegiatan berumah tangga itu didasari dengan sikap saling menghargai maka ketika ada permasalahan akan mudah dalam menemukan jalan keluarnya.

  1. Saling Terbuka

Ketika sudah menikah hindarilah untuk menyimpan sebuah rahasia. Pasalnya rahasia bisa menjadi bom waktu yang kemungkinan dapat meledak sewaktu-waktu. Untuk itu setiap memiliki suatu permasalahan selalu berkata jujur. Sebab dengan kejujuran itu Anda beserta pasangan bisa belajar untuk menerima satu sama lainnya. Dalam hal ini hindarilah untuk menutupi segala sesuatu satu sama lainnya.

  1. Menerima Setiap Perubahan

Pada dasarnya sifat dan perasaan manusia itu akan berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Dimana ada kalanya Anda merasa bingung dengan perubahan yang terjadi pada pasangan atau sebaliknya. Untuk itu demi mewujudkan rumah tangga yang harmonis dan bisa langgeng maka harus bisa menerima setiap perubahan yang terjadi tersebut.

  1. Berbagi Tanggung Jawab Dalam Hal Keuangan

kebanyakan permasalahan yang terjadi di dalam rumah tangga itu dikarenakan faktor keuangan. Oleh karena itu untuk menghindari permasalahan tersebut pastikan telah berbagi tanggung jawab terkait keuangan. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya diantara salah satunya tidak merasa terasing dan bertanya-tanya mengenai keuangan dalam rumah tangga.

  1. Hindarilah Membandingkan Pasangan Dengan Orang Lain

Kunci berikutnya agar pernikahan bisa langgeng yaitu menghindari membandingkan pasangan dengan orang lain. Sebab banyak sekali perceraian terjadi dikarenakan suami istri yang sering membandingkan satu sama lain dengan orang lain. Dalam hal ini sebaiknya jadilah versi terbaik masing-masing. Selain itu ingatlah bahwa pada dasarnya setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  1. Memberikan Ruang

Meskipun sudah sah menjadi suami istri bukan berarti bisa mengekang pasangan dengan semaunya. Dalam hal ini perlu juga untuk memberikan ruang kepada pasangan agar berkembang seperti melakukan hobi, me Time atau berkumpul dengan temannya. Sebab setiap orang membutuhkan waktu untuk bisa menikmati kesendiriannya. Dengan memberikan ruang kepada pasangan maka bisa dipastikan pernikahan itu bisa awet hingga akhir hayat.

Demikianlah ulasan singkat doa di dalam pernikahan yang perlu  ketahui. Untuk yang saat ini berencana akan menyelenggarakan pernikahan bisa memesan undangannya secara online. Dengan memesan undangan pernikahan online maka secara tidak langsung bisa menghemat budget transportasi karena Anda tidak perlu mendatangi tempat percintaan tersebut.