Desember 7, 2022

 

Jika Anda mempunyai ayam aduan atau ayam petarung, maka besar kemungkinan ayam tersebut akan mengalami dugal air di dada. Jika ayam Anda sampai mengalami hal ini, maka Kesehatan ayam Anda akan terganngu. Ayam yang mempunyai dugal air diada akan membuat mereka tidak napsu makan sehingga ayam perlahan-alan akan menjadi kurus dan tidak sehat. Dugal air pada ayam bukan hanya menyebabkan si ayam menjadi kurus, namun infeksi atau komplikasi juga dapat terjadi. Mengapa dugal air di dada dapat terjadi? Penyakit ini terjadi karena ada gumpalan darah dan nanah yang berkumpul menjadi satu lalu mulai muncul kdi permukaan dada. Lantas, bagaimana cara mengobayi dugal air di dada ayam yang efektif?

 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan obet oles yang hanya digunakan pada permukaan luarnya saja. Namun jika dugal air sudah semakin parah, maka sebaiknya ayam Anda dibawa ke dokter hewan. Jika masih bisa diobati sendiri, maka Anda bisa memberika balsam ada area yang terkena dugal air. Oleskan balsam tersebut secara rata dan dilakukan setiap hari. Dalam beberapa hari, dugal air di dada akan kempes. Tetap oleskan balsam hingga dugal benar-benar kempes.

 

Selain itu, Anda juga bisa mengompres bagian yang terkena dugal dengan air hangat, bawang putih, serai dan garam. Gunakan campuran ramuan tersebut dan kompres ke bagian dada dengan lembut. Kompres dada yang terkena dugal air setiap hari hingga kempes.