Desember 8, 2022

Berikut ini cara mengatasi hidung mampet dengan obat dari apotek. Pastikan menggunakanya sesuai dosis dan konsultasi dengan dokter apabila terjadi gejala berlanjut :

Dekongestan

Obat ini membantu mengurangi pembengkakan hidung dan meredakan hidung tersumbat dan tekanan sinus. Mereka bisa berupa semprotan hidung, atau obat-obatan yang diminum secara oral. Ikuti petunjuk dan jangan mengambil dekongestan yang diminum selama lebih dari seminggu tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Juga, jangan gunakan semprotan hidung kongestif selama lebih dari 3 hari. Saat digunakan, bisa memperburuk hidung tersumbat. Juga, jangan pernah memberikan dekongestan atau obat flu yang dijual bebas kepada anak-anak di bawah usia empat tahun.

Antihistamin

Jika alergi menjadi penyebabnya, anti histamin bisa digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat. Cari obat alergi yang mengandung anti histamin untuk meredakan pilek dan mencicit bersama dengan dekongestan untuk hidung tersumbat dan kompresi sinus.

Semprotan hidung steroid

Hal ini juga berguna untuk alergi dan hidung tersumbat.

Menthol

Salep obat yang mengandung mentol membantu meningkatkan pernapasan. Anda bisa mengoleskannya di dada atau bibir. Anda juga dapat membeli jenis yang bercampur dengan air panas dan menghirup uap.

Penawar rasa sakit

Obat pereda nyeri seperti acetaminophen, ibprofen, dan naproxen dapat meredakan nyeri akibat kompresi sinus, meskipun tidak dapat meredakan hidung tersumbat. Itulah tadi cara mengatasi hidung mampet dengan obat.