September 29, 2022

Penyebab mobil tidak bisa distarter biasanya kompenen kelistrikanya terlalu lama digunakan atau rusak. Semakin lama waktu penggunaan, semakin banyak baterai akan menurun kinerjanya. Namun, selain aki, adakah penyebab lain mobil tidak bisa distarter atau dihidupkan? ini dia informasinya.

Penyebab Mobil Tidak bisa Distarter

1. Busi mobil kotor

Busi merupakan komponen penting dalam proses starting mobil. Busi yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa distarter. Debu dan kotoran dapat menghambat terjadinya percikan api saat proses starter sedang berjalan. Oleh karena itu, Anda harus rutin membersihkan busi agar kotoran tidak menempel. Gosok busi yang kotor dengan cairan penetrant khusus.

Namun, bisa juga busi motor dalam kondisi kurang baik sehingga mobil sulit untuk dihidupkan saat mesin masih panas. Saat suhu mesin sudah menurun, barulah mobil bisa distarter. segera ganti busi dengan yang baru agar tidak menghambat kinerja mobil.

2. Aliran bahan bakar tidak lancar

Untuk memulai, mesin membutuhkan bahan bakar yang dialirkan dari tangki mesin. Namun, jika aliran bahan bakar dari tangki ke mesin tidak terdistribusi dengan baik, maka mesin tidak dapat dihidupkan.

Logikanya, bagaimana mesin bisa berjalan tanpa bahan bakar, kan?

Untuk mengatasi masalah aliran bahan bakar yang tersumbat, dapat dilakukan pembersihan. Tindakan pembersihan dilakukan pada tangki bahan bakar, filter, dan katup jarum.

3. Dinamo starter / ampere rusak

Dinamo ampere atau sering disebut dengan alternator merupakan komponen penting yang berfungsi untuk mensuplai listrik ke baterai.

Jika dinamo ampere rusak atau bermasalah, maka bisa jadi itu penyebab mobil tidak bisa distarter saat distarter. Namun perlu diketahui bahwa dinamo ampere bukanlah komponen yang mudah rusak.

Artinya, jika komponen ini menurun kinerjanya, bisa dipastikan penyebabnya adalah usia pemakaian yang lebih dari delapan tahun. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan perbaikan di bengkel resmi.

4. Bagian koil terlalu panas

Selain ampere dinamo dan busi motor, komponen lain yang juga berperan dalam proses starter kendaraan adalah koil. Bagian kumparan menggandakan tegangan listrik dalam jumlah besar ke baterai. Arus listrik ribuan volt mengalir ke busi dan dapat menyalakan bunga api. Itu sebabnya jika koil terlalu panas, bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter saat distarter.

Cara mengatasi masalah koil yang menyebabkan mobil sulit distarter adalah dengan memeriksa dan menggantinya. Kunjungi bengkel di daerah Anda untuk memeriksa koil.

Selanjutnya jika koil benar-benar rusak (dikenal dari panas yang dikeluarkan), maka mintalah mekanik untuk mengganti komponen baru.

Umumnya penyebab mobil tidak bisa distarter saat distarter adalah adanya komponen internal yang kotor, tersumbat, atau aus.

Debu dan kotoran memang akan mempengaruhi kinerja komponen mobil. Begitu juga dengan umur komponen yang sudah tua.