Agustus 11, 2022

Pontianak merupakan salah satu Kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.Adapaun Kalimantan Barat (Kalbar) sendiri menjadi peringkat ke 33 dari 34 provinsi dilihat dari segi pembangunan infrastruktur.Oleh karena itu, pemerintah Kalbar saat ini fokus ke pembangunan infrastruktur. Nah, salah satu jembatan yang ada di KalbarĀ  adalah Jembatan Kapuas I.

Jembatan Kapuas I terletak di Kota Pontianak dengan panjang 420 meter dan lebar 6 meter.Jembatasn Kapuas I ini merupakan penghubung Kota Pontianak dengan beberapa Kabupaten lain di Provinsi Kalimantan Barat.Sehingga tidak heran jika Jembatan Kapuas ini selalu dilalui banyak kendaraan.Bahkan Jembatan ini menjadi titi kemacetan pada pagi dan sore hari.

Jembatan Kapuas I sendiri dibangun pada tahun 1980 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1982.Sehingga jembatan ini hanya membutuhkan waktu pembangunan kurang lebin 2 tahun. Lantas berapakah anggaran dana untuk pembangunan Jembatan Kapuas I? Untuk anggaran Jembatan Kapuas I ini kurang lebih mengeluarkan dana sekitar Rp. 606 Milyar.

Pada awalnya Jembatan Kapuas I difungsikan sebagai jalan tol yang mana pengendara yang melalui jembatan ini wajib memberikan tarif tertentu. Namun, karena jembatan ini merupakan jalur utama dan tidak ada jalur alternatif lainnya pada pertengahan 1990, jembatan ini dialihfungsikanĀ  menjadi jalan biasa. Sehingga pungutan jalan tol dihapus dan bebas dilalui pemgendara.