Agustus 11, 2022

Saat mendekorasi kamar untuk anak, tentunya banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya, dengan memiliki kamar sendiri, anak harus dibiasakan berani tidur sendiri. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Mendesain kamar tidur anak dengan nyaman dan kreatif akan menjadikannya lebih mandiri. Yuk simak tipsnya disini!

Beberapa Tips Mendesain Kamar Untuk Anak

  1. Memberikan Jendela

Memiliki kamar dengan dekorasi unik dan disukai oleh anak merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan oleh orang tua supaya mereka berani tidur sendiri di kamarnya. Selain hal itu, terdapat hal lain yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah pencahayaan kamar. Jika telah memiliki kamar sendiri, tentunya anak akan banyak menghabiskan waktunya di tempat tersebut.

Sebagai orang tua, tentunya anda juga harus memperhatikan kenyamanan dan kesehatan mata sang anak. Oleh karenanya, membuat kamar dengan desain jendela yang luas merupakan tips pertama yang perlu untuk diperhatikan. Adanya jendela luas tersebut dapat membuat cahaya matahari dapat masuk ke ruangan. Sehingga, ruangan dapat dipenuhi dengan cahaya alami.

Dengan adanya cahaya matahari yang masuk, ruangan kamar tidur anak dapat memiliki pencahayaan alami di siang hari. Hal tersebut dapat membuat mata anak sehat karena memang tidak memerlukan cahaya buatan dari lampu secara terus menerus. Apabila kamar anak tidak memiliki pencahayaan yang cukup, maka juga akan membuat mata sakit dan meninggalkan kesan seram.

  1. Perabotan Khusus Anak

Saat mendesain kamar anak, penting juga bagi anda untuk memilih perabotan yang ramah bagi anak anak. Sebab, jika anda membeli perabot yang khusus bagi anak, tentunya sudah dirancang sebaik mungkin agar tidak menyakiti anak. Seperti contoh tidak lancip maupun tidak mudah pecah. Selain itu, bahan bahan yang digunakan tentunya juga aman dan tidak membahayakan anak.

  1. Layout Ruang Dan Tata Letak Furniture

Tips berikutnya yang perlu diperhatikan saat mendesain tempat tidur anak adalah penataan furniture dan layout ruangannya. Ada baiknya jika perabot yang penting diletakkan pada tempat yang mudah dijangkau oleh anak. Sedangkan barang yang memang dirasa tidak begitu penting bisa ditata di luar ruangan. Dengan begitu, ruang gerak anak di dalam kamar dapat terasa lebih luas.

  1. Tambahkan Area Untuk Penyimpanan Barang

Apabila anak memiliki banyak mainan, penting bagi orang tua merancang kamar tidur anak dengan menambahkan area untuk penyimpanan barang. Dengan menyediakan tempat untuk menyimpan mainan tersebut, kamar anak dapat terlihat lebih rapi dan mainan yang dimilikinya tidak berserakan dimana mana.

Tak hanya itu saja, adanya hal tersebut tentunya juga akan memudahkan sang anak saat ingin mengambil dan menyimpan kembali mainannya. Terlebih, kamar anak bisa menjadi lebih aman untuk berjalan di kamarnya sendiri karena memang mainannya sudah tertata rapi pada area penyimpanan dan tidak ada yang berserakan.

  1. Tentukan Tema Dan Pemilihan Warna Yang Tepat

Tips yang berikutnya untuk mendekorasi tempat tidur anak yaitu menentukan tema dan warna yang tepat. Tips yang satu ini menjadi sangat penting karena dapat membentuk suasana kamar. Ada baiknya jika anda memberikan warna yang cerah supaya kamar tidur anak memiliki suasana yang fresh dan menyenangkan.

Saat mendesain kamar anak, jangan lupa juga untuk menyesuaikan temanya dengan kepribadian yang dimiliki oleh anak. Apabila terdapat suatu hal yang disenangi, anda juga bisa menambahkannya saat mendekorasi kamarnya. Anda juga dapat mengunjungi web Rumarumi.com untuk medapatkan ide maupun inspirasi untuk mendekor ruangan anak.