Desember 7, 2022

Dari dulu sampai saat ini kereta api menjadi salah satu transportasi umum jarak jauh yang digemari banyak orang, terutama saat musim mudik tiba. Hal ini dikarenakan harga tiket yang terbilang cukup terjangkau. Nah, yang perlu Anda ketahui, kereta api tidak hanya beroperasi di pulau Jawa loh, ada satu pulau yang juga memiliki kereta api. Pulau tersebut adalah Pulau Sumatera.

Meskipun tidak seramai pulau Jawa, namun ada beberapa kereta yang terjadwal dan diberangkatkan menuju tempat-tempat strategis di Pulau Sumatera. Kereta api tersebut bernama Kereta  api Putri Deli. KA Putri Deli merupakan kereta api ekonomi yang dioperasikan oleh Divisi Regional 1 Sumatera Utara. Kereta api ini merupakan kereta api yang melayani perjalanan kereta Medan Tanjung Balai.

Kereta api Putri Deli diluncurkan pertama kali pada hari Sabtu, tanggal 5 Januari 2008. Dalam pengoperasiannya kereta  api ini menggantikan Kereta api Putri Ungu. Sebagai kereta api ekonomi, kereta api Putri Deli memiliki harga tiket yang terjangkau yakni sekitar Rp.27.000. Meskipun termasuk kereta api ekonomi, fasilitas dari KA  Putri Deli ini tidak jauh berbeda dengan fasilitas umum lainnya.

Kereta api Putri Deli ini memiliki jadwal yang berbeda dari beberapa jenis kereta yang ada di area Meda. Jadwal KA Putri Deli hanya ada 3 kali saja untuk perjalanan pulang dan 3 kali dalam perjalanan pergi. Namun, untuk jadwal pemberangkatanya sendiri dapat berubah.