Agustus 11, 2022

Sekarang banyak sekali cara belajar bahasa Inggris yang bisa dipilih. Di mana kegiatan itu tidak harus dilakukan sekaku atau seformal ketika berada di sekolah. Ditambah lagi saat ini materi seputar pembelajaran bisa diperoleh dengan mudah di dunia maya.

Namun tanpa disadari masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam belajar bahasa Inggris. Dengan begitu membuat metode untuk menerapkannya jadi kurang menyenangkan. Lantas apa saja kekeliruan yang sebaiknya harus dihindari itu?.

  1. Terlalu Fokus Mempelajari Tata Bahasa

Saat sedang mempelajari bahasa Inggris grammar termasuk salah satu hal yang krusial untuk dikuasai. Namun faktanya salah satu bahasa internasional ini mempunyai grammar yang  sangat sulit. Dengan begitu tidak jarang orang  lebih memfokuskan diri untuk memahaminya hingga mengabaikan komponen lain.

Meskipun nantinya bisa menalar tata bahasa. Namun akan muncul kecenderungan enggan saat ingin berbicara. Hal itu dikarenakan pikiran sudah terlanjur menganggap bahwa grammar adalah segalanya. Padahal faktanya speaking tidak terlalu memprioritaskan unsur tersebut.

  1. Jarang Mempraktekkannya

Perlu untuk diketahui bahwa menguasai bahasa Inggris merupakan jenis keterampilan yang harus dilakukan secara berkesinambungan. Oleh karena itu di samping menerapkan cara belajar Anda juga harus sering mempraktekkannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam hal ini jangan sampai hanya pintar pada teori saja yang mana ketika disuruh terjun ke lapangan tidak mengetahui apa-apa. Agar latihan semakin menyenangka bisa mencari teman yang sama-sama sedang belajar bahasa Inggris. Bahkan jika diperlukan carilah rekan yang lebih ahli untuk meningkatkan kemampuan.

  1. Malas Membuka Kamus

Kamus merupakan gudang kata yang nantinya bisa membantu dalam melancarkan keterampilan berbahasa. Di dalam buku ini nantinya bukan Cuma mengetahui arti katanya saja tetapi juga cara pengucapan yang benar. Itulah Salah satu alasan penting mengapa perlu menggunakan kamus dalam kegiatan ini

Tentunya jika malas untuk membuka kamus maka bisa dipastikan keberhasilan untuk bisa mahir bahasa Inggris sangatlah kecil. Maka dari itu buatlah kegiatan menghafal dan mempelajari kosakata menggunakan kamus ini menjadi hal yang menyenangkan dan mengasyikkan.

  1. Lingkungan Kurang Mendukung

Faktor lain yang dapat membuat proses pembelajaran bahasa Inggris terasa sangat sulit adalah lingkungan sekitar yang kurang mendukung. Misalnya saat sedang semangat belajar namun tidak menemukan teman atau tempat yang sesuai maka akan timbul perasaan malas.

Namun Jangan jadikan batasan itu sebagai alasan untuk berhenti belajar bahasa Inggris. Dalam hal ini lebih baik gunakan media-media yang ada di sekitarmu. Misalnya jika ditemukan komunitas yang mendukung maka bergabunglah dengan forum tersebut.

Apa Itu Percakapan Kasual Dalam Bahasa Inggris?

Percakapan casual merupakan dialog yang dilakukan dengan bahasa yang tidak terlalu baku. Di mana memiliki tujuan utama untuk membangun kedekatan atau keakraban. Dalam hal ini kegiatan tersebut bisa dilakukan antara orang yang sudah dikenal maupun asing atau tidak sengaja ditemui di suatu tempat.

Sedangkan hal yang mempengaruhi percakapan kasual yakin sebuah jarak sosial diantara penutur yang pada akhirnya akan memunculkan interaksi berupa dialog. Biasanya percakapan itu digunakan untuk memberi selamat kepada orang lain saat momen penting terjadi seperti acara wisuda, ulang tahun.

Sementara untuk contoh dialog congratulation bahasa Inggris yaitu “happy birthday”. Di mana jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu selamat ulang tahun. Umumnya dalam penyampaian percakapan itu akan ditulis pada sebuah kartu, short messenger dan lainnya.

Itulah kesalahan umum yang sering dilakukan seorang pemula dalam belajar bahasa Inggris. Tentunya dengan menghindari 3 kesalahan itu peluang untuk mahir berbahasa Inggris sangatlah besar. Namun dalam hal ini perlu menerapkan metode yang sesuai dengan diri sendiri.