Agustus 11, 2022

Tahukah kamu bahwa buah melom memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan kita. Tidak hanya membantu mencegah penyakit kardiovaskular, membuat tulang menjadi lebih kuat, meningkatkan sistem pencernaan tetapi juga dapat membantu mata menjadi sehat dan memperbaiki kesehatan kulit secara efektif.

Berikut ada beberapa manfaat buah melon yang harus kamu ketahui :

1. MENCEGAH DEHIDRASI

Di dalam satu cangkir 177 gram porsi melon hijau mengandung 159 gram air. Air menyumbang hampir 90% dari berat buah melon. Selain minum cukup air, air yang ditemukan dalam buah melon bisa berkontribusi agar tubuh tetap terhidrasi secara keseluruhan dengan lebih baik.

2. MEMBANTU MENURUNKAN TEKANAN DARAH DAN MENINGKATKAN KESEHATAN JANTUNG

Manfaat buah melon selanjutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan natrium dan kalium yang rendah pada melon adalah kombinasi yang efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, buah melon juga merupakan sumber folat dan vitamin B lain yang baik yang membantu mengurangi kadar homosistein dan penanda utama peradangan. Asupan folat yang cukup yang berasal dari buah melon telah terbukti mengurangi risiko kram dan stroke.

3. BAIK UNTUK KULIT

Mengkonsumsi buah melon bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Asupan vitamin C yang cukup sangat penting untuk produksi kolagen yang tepat. Sehingga dapat membantu tubuh melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

4. MEMBENTUK TULANG KUAT

Buah melon mempunyai kandungan nutrisi seperti vitamin K, magnesium, folat, yang bermanfaat untuk membuat tulang mejadi lebih kuat dan elastis. Vitamin B9 atau folat diperlukan untuk pemecahan homosistein, yaitu senyawa yang terlibat dalam penurunan kepadatan mineral tulang dari waktu ke waktu.

Selain itu, vitamin K dan magnesium di dalam buah melon terlibat dalam produksi protein (struktur utama dalam tulang) yang membantu membangun jaringan tulang yang sehat.

Selain manfaat di atas, mengkonsumsi buah melon juga bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan mata.