Agustus 11, 2022

Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung yang aktif dan merupakan gunung tertinggi yang ada di Sumatra. Gunung ini memiliki banyak misteri dan mitos gunung kerinci yang menyelimutinya.

Mitos Gunung Kerinci yang Menyelimuti

Banyak cerita dari pendaki yang mengalami kisah menakutkan saat melakukan pendakian yang tak hanya melibatkan hewan buas namun makhluk halus didalamnya. Terdapat beberapa mitos gunung Kerinci yang selalu diceritakan.

  1. Adanya Uhang Pandak

Apa itu Uhang Pandak, Uhang pandak disebut juga dengan orang bunian, yang tinggal diperbatasan propinsi Jambi dan Sumatra Barat. Orang bunian ini bertubuh pendek dan memiliki mata yang lebar berwarna merah.

  1. Larangan pada Jam 12 Siang

Ada larangan dimana pendaki disarankan untuk tidak melakukan aktivitas seperti main air, minum air atau mandi pada jam 12 siang, karena dipercaya jam – jam tersebut adalah waktu “mereka” .

  1. Pohon Bolong

Terdapat larangan dimana para pendaki tidak boleh berhenti jika menemui pohon ini karena konon ceritanya dulu pohon tersebut menjadi tempat untuk menyimpan mayat pendaki yang wafat.

  1. Hantu Gendong

Hantu ini dikenal hantu yang usil, menurut para pendaki hantu ini selalu menambah berat tas para pendaki walau sebenarnya pendaki tersebut tidak membawa barang terlalu berat.

  1. Pintu Rimba

Menurut cerita para pendaki, saat melewati pintu rimba terkadang ada yang melihat figure wanita yang tidak memperlihatkan wajahnya dan mengenakan pakaian putih.

Nah, itulah beberapa mitos gunung kerinci yang banyak diperbincangkan, selalu jaga sikap dan patuhi pantangan ketika mendaki, its for your good.