Agustus 11, 2022

Museum Ullen Sentalu adalah salah satu museum dan tempat bersejarah di Yogyakarta. Simpan banyak barang barang peninggalan kerajaan Mataram Jawa. Mulai dari batik kepunyaan bangsawan, patung, lukisan hingga perabot dan banyak lagi.

Disini, anda dapat menyaksikan megahnya kerajaan mataram lewat koleksi di museum Ullen Sentalu.

Arsitektur bangunan museumnya unik dan udara sekitar museum segar. Pengunjung betah lama lama disini. Anda dapat berkunjung ala backpacker maupun ikut paket tour Jogja seperti lava tour merapi.

Nah simak selengkapnya info menarik seputar museum Ullen Sentalu berikut ini.

1. Sejarah Museum Ullen Sentalu

Sejarah museum Ullen Sentalu didbangun oleh Pemerintah Jogja. Atas prakarsa Yayasan Ulating Blencong dan keluarga Haryono.

Nama Ullen Sentalu sendiri dari singkatan bahasa Jawa. Yaitu “Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku”. Arti falsafahnya kira kira Nyala Lampu Blencong. Untuk petunjuk bagi manusia dalam meniti hidup.

2. Diresmikan dan Jadi Tempat Wisata Ramai

Museum Ullen Sentalu selesai dibangun dan diresmikan tanggal 1 Maret 1997 oleh KGPAA Paku Alam VIII dan sejak itu mulai ramai wisatawan.

3. Sekilas Museum Ullen Sentalu

Letak Museum Ullen Sentalu di lereng pegunungan Sleman, dibangun diatas tanah 1,2 hektar. Suhunya sekitar 15 sampai 25 derajat celcius, udaranya sejuk. Terlebih dengan adanya pepohonan rindang di sekitar kawasan museum. Nama lain museum ini adalah Ladwargan alias rumah surga.

4. Desain Museum Ullen Sentalu

Sebelum masuk museum, ada beberapa patung disini. Pengunjung juga akan disuguhi pemandangan bangunan museum yang unik dengan ornamen konstruksi eropa gotik modern.

5. Koleksi Museum Ullen Sentalu

Ada banyak koleksi Ullen Sentalu Yogyakarta. Utamanya benda benda peninggalan kerajaan Mataram (Mataram Kuno dan Mataram Islam).

Mulai dari dari patung, arca, syair, dan gamelan, lukisan dan banyak lagi.

Benda benda bersejarah ini masih terjaga dengan baik. Namun demi menjaga etika, pengunjung dilarang bawa memotret di dalam ruang museum. Meski demikian, untuk wisatawan disediakan spot spot foto keren di luar museum.

6. Berfoto di Berbagai Spot Menarik

Beberapa spot untuk foto disediakan untuk wisatawan di luar museum. Salah satu yang populer yaitu spot arca Dewi Sri. Selain masih ada lagi misalnya spot foto di area gerbang. Bahkan bangunam museum secara keseluruhan sangat bagus untuk latar belakang foto.

7. Tur Edukasi dan Jelajah Budaya

Pihak pengelola museum menyediakan juga paket tur edukasi dan jelajah budaya. Salah satunya tur adiluhung Mataram, mengajak pengunjung mengenal seni budaya kerajaan Mataram. Ada juga tur tanah para atau

Vorstenlanden,yang akan mengajak wisatawan mengenal keraton jogja dan keraton Solo. Tur edukasi juga disediakan bagi yang ingin mengenal budaya jawa.

8. Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

  • Wisatawan Dewasa Rp 40 ribu/orang
  • Wisatawan Anak-Anak Rp 15 ribu/orang
  • Tur Adiluhung Mataram Rp 50 ribu/orang
  • Tur VorstenlandenRp100 ribu/orang

9. Lokasi dan Rute Museum Ullen Sentalu

Lokasi Museum Ullen Sentalu ada di jalan Boyong, KM 25 kaliurang,  Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja cuma sekitar 2 KM, ditempuh 6 menit perjalanan.

Rute terbaik menuju objek wisata ini bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan petunjuk jalan dari Google Maps. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa mobil pajero Jogja atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

10. Jam Buka Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu buka setiap hari kecuali hari senin. Mulai dari pukul 08.30 sampai 16.00 WIB. Untuk weekend, tutup jam 17.00 WIB. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini pagi hari saat cuaca cerah.