Desember 7, 2022

Dalam bisnis, Anda pastinya akan membutuhkan orang lain. Oleh karena itu, Networking sangat diperlukan termasuk dalam membangun bisnis. Lalu apa manfaat Networking dalam membangun bisnis?

Networking dalam bisnis merupakan sebuah proses membangun hubungan yang saling menguntungkan antara pelaku bisnis, pelanggan potensial dan klien.

Networking juga melibatkan kontak dengan orang-orang yang akan memberikan informasi atau pelatihan. Dalam networking juga bisa menjadi cara yang tepat untuk menemukan pemasok terkemuka, sehingga mereka dapat bermanfaat untuk pengembangan bisnis Anda saat ini.

Bukan hanya untuk mencari keuntungan saja, networking dalam bisnis sangat menitikberatkan pada proses terciptanya hubungan saling percaya dan persahabatan dengan para pelaku bisnis lainnya.

Biasanya, networking bisnis ini akan melibatkan pertemuan tatap muka, seperti konferensi, acara jejaring, ataupun melalui sarana media sosial.

Manfaat Networking dalam Membangun Bisnis

Tentu saja banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan networking dalam membangun bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat networking dalam membangun bisnis di antaranya:

1. Dapatkan informasi bisnis

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan dari membangun networking dalam bisnis tentu saja bisa mendapatkan informasi tentang bisnis yang berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan saat ini.

Hal Ini karena networking akan memungkinkan Anda untuk bertemu dengan pengusaha lain di bisnis yang sama dengan yang Anda geluti saat ini.

Anda juga bisa mendapatkan banyak wawasan dari setiap percakapan yang terjadi. Misalnya mengenai tren pasar terbaru saat ini.

2. Bertemu dengan para pakar

Networking juga bisa mempertemukan Anda dengan seseorang profesional atau mentor yang bisa membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih baik.

Misalnya, jika bisnis Anda membutuhkan akuntan, atau pengacara, Anda bisa menemukan kandidat yang ideal melalui networking yang Anda ikuti.

Jika bisnis Anda membutuhkan pendanaan ekuitas, Anda juga bisa menemukan pemodal ventura atau investor melalui networking.

3. Bangun Koneksi

Dengan networking bisnis, Anda juga mempunyai potensi untuk terkoneksi dengan para pengusaha dan profesional lainnya.

Jadi semua orang yang Anda temui adalah calon klien, pelanggan potensial, pelanggan lain, atau seseorang yang bisas memberikan Anda untuk menemukan referensi terkait bisnis anda geluti saat ini.

Dengan menghadiri acara networking, Anda bisa memperluas profil publik Anda saat ini sebagai seorang pebisnis.

Ingatlah bahwa koneksi yang Anda buat hari ini akan memiliki potensi menjalin hubungan jangka panjang. Pasalnya, kontak bisnis yang Anda temui hari di networking ini bisa juga akan menjadi calon klien atau referensi bisnis Anda.

4. Meningkatkan peluang bisnis

Sebuah studi yang dikutip oleh Zen Business melaporkan bahwa 78% dari startup mengatakan membangun networking bisnis sangat penting untuk usaha bisnis mereka.

Networking dalam bisnis juga tidak kalah pentingnya dengan kesuksesan karir individu yang menjadi karyawan pada sebuah perusahaan.

Ini karena menurut laporan tahun 2016 yang diterbitkan oleh LinkedIn, mengatakan bahwa hingga 85% dari semua pekerjaan diisi melalui sebuah networking.

Jadi, jika Anda tidak memiliki waktu untuk berinteraksi dan bertemu dengan orang lain dalam bisnis atau industri yang sama, Anda mungkin akan kehilangan peluang yang sangat berharga untuk bisa mendapatkan relasi baru, kemitraan baru, dan juga mendapatkan klien baru.

Networking dalam membangun bisnis lebih dari sekedar membangun hubungan dengan orang lain. Bertemu dan berjejaring dengan profesional di industri lainnya juga memungkinkan Anda agar bisa tetap mengikuti perkembangan tren bisnis saat ini.

Jika Anda tidak punya waktu untuk menghadiri kursus sertifikasi atau seminar, Anda tetap dapat mengikuti perkembangan dan praktik baru di industri Anda melalui informasi yang ada di networking.

Anda juga dapat menerapkan tren ini ke perusahaan Anda saat ini, atau menggunakan apa yang telah Anda pelajari dari sebuah networking untuk meningkatkan peluang bisnis Anda.

Networking sangat ideal untuk memperluas wawasan Anda dengan memanfaatkan pengalaman dan perspektif dari orang lain yang sudah berpengalaman sebelumnya.

Contohnya, saat Anda ingin mengekspor produk dan layanan yang bisnis Anda jalankan saat ini, mugkin Anda akan mendapatkan saran dari orang yang sudah pernah melakukan ekspsor sebelumnya dengan produk yang sama.

Contoh lain jika kamu belum memiliki pengetahuan dasar tentang produksi skincare dan kosmetik sendiri. Maka kamu harus menjalin networking dengan beberapa maklon kosmetik.