Desember 7, 2022

Kebutuhan anak untuk tumbuh dan kembangnya ada banyak. Salah satunya adalah dengan berolahraga, anak menjadi sehat dan semangat untuk bergerak. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh buah hati. Berikut berbagai jenis olahraga yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil.

Jenis-jenis Olahraga yang Bermanfaat bagi Anak

  1. Berlari serta Berjalan

Jenis olahraga bagi anak yang mudah dan sederhana dilakukan adalah dengan berlari dan berjalan. Kegiatan ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Orang tua bisa mengajak buah satu berlari dan berjalan pada pagi hari saat udara segar. Anda bisa berkeliling komplek atau ke tempat-tempat yang dekat dengan rumah.

  1. Melompat

Tidak hanya berlari juga berjalan, anak juga dapat melakukan gerakan melompat yang merupakan olahraga sederhana. Dengan melakukan ini, otot dan sendi anak dapat semakin kuat. Contohnya, anda bisa mengajak si kecil mengambil benda yang berada di tempat lebih tinggi darinya. Hal ini mendorong sang anak untuk mencoba mengambilnya dengan melompat.

  1. Berenang atau Bermain Air

Pada umumnya, anak suka bermain dengan air. Anda bisa mengajaknya untuk berenang sejak dini. Di samping itu, berenang di rumah juga bisa dilakukan untuk melatih pernapasan, mengatur stamina, serta melatih kerja otot pada anak. Anda bisa memakai ban sebagai kolam anak juga dengan mengisi air dan anak bisa berenang di dalamnya.

  1. Bersepeda Santai

Apabila kesayangan memiliki sepeda, kegiatan bersepeda juga bisa menjadi kegiatan olahraga yang seru dan menyenangkan baginya. Manfaat dari olahraga bersepeda adalah melatih kekuatan otot kaki, keseimbangan tubuh, dan membuat tubuh tetap bugar. Menurut Sustrans, bersepeda mampu meningkatkan metabolism tubuh agar berat badan anak tetap stabil

  1. Bergelantungan di Tempat Bermain

Pada umumnya, area perumahan telah dilengkapi dengan fasilitas bermain bagi anak-anak. Salah satunya adalah tiang gelantungan yang bisa digunakan anak-anak untuk bergelantungan. Kegiatan inilah yang sangat bagus untuk melatih kekuatan genggaman otot telapak tangan dan jari anak. Namun, pengawasan orang dewasa dibutuhkan agar anak tidak jatuh.

  1. Senam Aerobik

Olahraga untuk anak yang juga bisa dilakukan dengan orang tua adalah senam aerobik. Orang tua dapat memberikan contoh ke anak berupa gerakan aerobik terlebih dahulu. Gerakan aerobik ini terdiri dari gerakan melompat untuk melatih daya fokus serta kelincahan anak. Anda juga bisa menyiapkan ruangan yang cukup luas agar anak dapat bergerak dengan bebas.

  1. Menggunakan Peralatan Olahraga

Olahraga sederhana dan ideal ain yang bisa dilakukan oleh anak di rumah adalah dengan menggunakan peralatan olahraga atau kebugaran. Kegiatan ini bermanfaat untuk menghindari risiko Covid-19 di luar juga. Di samping itu, anak bisa latihan sambil menonton televisi atau mendengarkan lagu-lagu agar kegiatan lebih menyenangkan.

  1. Menari

Apabila anda memiliki anak perempuan, anda bisa mengajaknya menari. Kegiatan ini tergolong gerakan olahraga senam aerobik juga. Beberapa manfaat yang dimilikinya yaitu mampu menjaga kesehatan paru-paru dan jantung, meningkatkan daya tahan, kekuatan otot, dan kebugaran motoric.

  1. Bermain Bola

Kegiatan sepak bola juga bisa menjadi olahraga sederhana di rumah bagi anak. Tidak harus di lapangan luas, anda bisa memanfaatkan halaman di sekitar rumah. Menurut World Vision, sepak bola mampu membantu anak dalam membangun keterampilan diri, seperti mengambil keputusan, memecahkan masalah, berkomunikasi dan kerja keras.

Sekarang, anda telah mengetahui apa saja olahraga untuk anak yang bermanfaat bagi masa tumbuh kembangnya. Mulai dari berlari dan berjalan hingga bermain sepak bola di atas, anda bisa melakukan kegiatan olahraga sederhana di rumah tanpa mengeluarkan uang banyak dan usaha keras. Salah satu cara agar anakanda bisa bermain bebas di rumah adalah dengan memiliki playground sendiri yang bisa dibeli di jual playground anak.