Desember 7, 2022

Salah satu menu makanan yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang adalah ayam goreng. Selain itu, makanan ini juga menjadi salah satu menu andalan bagi para ibu di rumah karena mudah diolah. Bagi kalian yang tengah mencari resep ayam goreng, simak langkah-langkah di bawah ini.

Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Membuat Ayam Goreng

Sebelum membuat ayam goreng, pastikan bahwa bahan-bahan yang dibutuhkan telah dipersiapkan dengan lengkap. Bahan-bahan tersebut yaitu satu ekor ayam pejantan yang telah dipotong menjadi empat bagian, 500 ml air, 1 sendok teh garam,  1 sendok teh kaldu ayam, 2 serai, dan gula pasir.

Bahan untuk Membuat Bumbu Ayam Goreng

Ayam goreng juga membutuhkan bumbu agar ayam menjadi lebih sedap disantap. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 6 bawang merah, 5 bawang putih, 4 cm kunyit, 1 cm jahe, 6 kemiri 2 cm, dan lengkuas. Bahan-bahan tersebut merupakan bahan harus ada dalam membuat bumbu ayam goreng.

Langkah-langkah dalam Membuat Ayam Goreng

Hal pertama yang dilakukan yaitu rebus ayam, bumbu, dan air dengan api kecil. Pada tahap ini, usahakan ayam terendam sepenuhnya. Lalu, ungkep ayam hingga bumbu meresap dan kuah menyusut menggunakan api kecil. Setelah, cek rasanya untuk menyesuaikan seleramu. Setelah dirasa sesuai, angkat, tiriskan, dan goreng ayam dengan sebentar.

Demikian mengenai cara membuat ayam goreng beserta bahan-bahan apa saja yang harus disiapkan sebelum membuatnya. Kamu bisa membuat ayam goreng sendiri di rumah tanpa repot-repot membeli ayam goreng di toko. Selain itu, kamu akan mendapatkan porsi lebih banyak dan lebih hemat.