Agustus 11, 2022

Pada dasarnya, teks eksposisi merupakan salah satu jenis teks yang berupa non fiksi. Dimana isinya sendiri mengenai suatu penjelasan dari informasi maupun ilmu pengetahuan tertentu.

Biasanya, teks eksposisi ini ditulis berdasarkan data yang telah diperoleh dari suatu fakta. Dimana data yang disajikan dari teks eksposisi tersebut memang benar-benar terjadi alias faktual.

Nah, di sisi lain, teks eksposisi ini menyajikan informasi yang padat, singkat, jelas, dan pastinya akurat. Bahkan, informasi yang disajikan dari teks eksposisi ini berdasarkan dengan kaidah 5W + 1H lho! Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa rumus teks ini mengusung konsep ADIK SIMBA.

Dimana kepanjangan dari istilah ADIK SIMBA sendiri tidak lain yaitu mulai dari pertanyaan Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan juga Bagaimana. Tentunya semua itu digunakan demi mendapat sajian informasi yang akurat dan jelas pastinya.

Kamu bisa menemukan teks eksposisi ini setiap harinya. Baik itu melalui media digital, surat kabar, majalah, dan lain sebagainya. Tentunya semua itu bisa kamu dapatkan dengan mudah karena teks eksposisi ini tersebar di berbagai macam media.

Dengan begitu, kamu tidak perlu kesulitan lagi untuk mencari contoh teks eksposisi tersebut pastinya. Tujuannya sendiri tidak lain yaitu untuk menguraikan suatu ide, memberikan penjelasan, hingga mengemukakan pokok pikiran, dan juga pengetahuan kepada para pembaca. Untuk itu, pengetahuan pembaca akan menjadi lebih luas.